Bola & Sports
·
18 Mei 2020 1:07

Bundesliga: Bayern Muenchen Taklukkan Union Berlin Dua Gol Tanpa Balas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bundesliga: Bayern Muenchen Taklukkan Union Berlin Dua Gol Tanpa Balas (475879)
Robert Lewandowski merayakan gol yang dia cetak ke gawang Union Berlin. Foto: HANNIBAL HANSCHKE/REUTERS
Bayern Muenchen menutup pekan ke-26 Bundesliga 2019-20 dengan sempurna. Bertandang ke markas Union Berlin, Minggu (17/5/2020), mereka menang 2-0 via penalti Robert Lewandowski (40') dan sundulan Benjamin Pavard (80').
ADVERTISEMENT
Kemenangan ini membuat poin Bayern bertambah menjadi 58. Mereka unggul empat angka dari Borussia Dortmund yang ada di urutan kedua. Di sisi lain, Union tak beranjak di posisi ke-12 dengan 30 poin.
***
Bayern menurunkan nyaris semua penggawa terbaiknya lewat skema 4-2-3-1. Manuel Neuer di pos kiper, Jerome Boateng dan David Alaba di jantung pertahanan, serta Benjamin Pavard dan Alphonso Davies di kedua tepi.
Di lini tengah, trio Thiago Alcantara, Joshua Kimmich, dan Leon Goretzka yang mengisinya. Mereka menopang pergerakan Serge Gnabry dan Thomas Mueller di sisi sayap serta si top skorer, Robert Lewandowski, di lini terdepan.
Nama-nama tersebut sayangnya seperti belum menemukan bentuk terbaik mereka. Amat bisa dipahami, sih. Barangkali otot-otot para pemain Bayern masih terasa kaku akibat absen bertanding selama hampir dua bulan.
ADVERTISEMENT
Thiago, salah satu pemain dengan akurasi passing terbaik musim ini, bahkan melakukan dua passing error pada kurun 10 menit awal. Ada pula Davies yang masih tampak malu-malu memamerkan kecepatannya di sisi kiri.
Justru Union yang terlihat lebih siap. Ketika Bayern sibuk dengan sejumlah error, Union yang tampil lewat pakem 3-4-3 sudah mengancam pada menit ke-6 lewat Marius Buttler. Dua menit berselang, giliran Anthony Ujah yang menebar ancaman.
Namun, gambaran demikian tak bertahan lama karena Bayern mulai menemukan pola yang tepat. Pada menit ke-17, mereka bahkan mampu bikin gol lewat Mueller, tetapi tinjauan VAR menganggap Mueller offside.
Bagaimanapun, itu jadi bukti bahwa Bayern perlahan telah kembali. Tak sekali-dua mereka berhasil menembus kotak penalti Union, terutama dari pergerakan dan umpan tarik si kilat Davies di sisi sayap kiri.
ADVERTISEMENT
Pada akhirnya gol yang Bayern tunggu datang di menit ke-40. Bermula dari pelanggaran Neven Subotic terhadap Goretzka di kotak penalti, Lewandowski maju sebagai eksekutor dan menuntaskannya dengan sempurna.
Aksi Lewandowski itu menutup babak pertama.
Bundesliga: Bayern Muenchen Taklukkan Union Berlin Dua Gol Tanpa Balas (475880)
Robert Lewandowski merayakan gol yang dia cetak ke gawang Union Berlin. Foto: HANNIBAL HANSCHKE/REUTERS
Pada babak kedua, para pemain Bayern terlihat lebih nyaman menguasai bola. Pertandingan pun benar-benar berjalan satu arah. Terlebih, Bayern juga begitu agresif melancarkan pressing tiap kali kehilangan bola.
Peluang pertama akhirnya mereka peroleh dengan cukup cepat, tepatnya di menit ke-49 lewat sepakan Goretzka yang masih bisa ditepis kiper Union. Enam menit berselang, giliran Pavard lewat sundulan yang sayangnya melenceng tipis.
Ini situasi yang tak bagus buat Union. Mereka lantas meresponsnya dengan memasukkan dua pemain sekaligus pada menit ke-70. Sebastian Andersson masuk menggantikan Ujah, sementara Christian Gentner menggantikan peran Robert Andrich.
ADVERTISEMENT
Pergantian itu sayangnya tak berarti apa-apa. Pertandingan masih menjadi milik Bayern sepenuhnya, sedangkan Union tentu saja sebaliknya, mereka masih begitu kesulitan untuk sekadar mengembangkan permainan.
Pada akhirnya, gawang Union bobol untuk yang kedua kali. Pavard jadi pelakunya lewat sebuah sundulan setelah menerima sepak pojok Kimmich pada menit ke-80. Itu jadi gol terakhir yang tercipta. Bayern Muenchen mengunci kemenangan 2-0.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!