Bola & Sports
·
6 Juni 2020 3:25

Bundesliga: Borussia Moenchengladbach Takluk Satu Gol Tanpa Balas dari Freiburg

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bundesliga: Borussia Moenchengladbach Takluk Satu Gol Tanpa Balas dari Freiburg (300118)
Pertandingan Bundesliga 2019/2020 antara Borussia Moenchengladbach dan SC Freiburg. Foto: Ronald Wittek/Pool via REUTERS
Borussia Moenchengladbach kalah dari SC Freiburg di pertandingan pekan ke-30 Bundesliga 2019/2020, Sabtu (6/6/2020) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Bermain di kandang Freiburg, Schwarzwald-Stadion, Gladbach takluk dengan skor 0-1. Gol tunggal di laga ini diciptakan oleh Nils Petersen (59').
Kekalahan ini membuat Gladbach tertahan di peringkat empat Bundesliga 2019/2020 dengan raihan 56 poin. Sementara, Freiburg berada di peringkat delapan dengan 41 poin.
***
Pelatih Gladbach, Marco Rose, menggunakan skema 4-3-3 di laga ini. Trio Alassane Plea, Patrick Herrmann, dan Marcus Thuram menghuni lini depan.
Di tengah ada Florian Neuhaus, Lars Stindl, dan Jonas Hofmann. Sementara, Ramy Bensebaini, Nico Elvedi, Matthias Ginter, dan Stefan Lainer melindungi sang kiper, Yann Sommer.
Freiburg sukses menebar ancaman terlebih dahulu. Penyerang muda Freiburg, Luca Waldschmidt—yang sempat menjadi incaran Chelsea—terbebas di kotak penalti Gladbach. Namun, tendangannya masih melambung.
ADVERTISEMENT
Setelah 10 menit perdana, Gladbach mulai menguasai pertandingan. Di menit ke-16, Gladbach memaksa kiper Freiburg, Alexander Schwolow, menciptakan double-save terhadap sepakan Plea dan Stindl.
Gladbach kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-26. Kali ini, lewat kaki Hermann, yang terbebas setelah menerima operan Thuram. Namun, lagi-lagi, Schwolow menggagalkan asa Gladbach untuk mencetak gol perdana.
Bola hasil tepisan Schwolow sebenarnya jatuh ke kaki Neuhaus. Gelandang muda itu kemudian menyontek bola ke gawang Freiburg. Namun, tak ada gol karena bola sempat menyentuh Herrmann sebelum masuk.
Bundesliga: Borussia Moenchengladbach Takluk Satu Gol Tanpa Balas dari Freiburg (300119)
Pertandingan Bundesliga 2019/2020 antara Borussia Moenchengladbach dan SC Freiburg. Foto: Ronald Wittek/Pool via REUTERS
Gladbach terus menekan. Namun, penyelesaian akhir mereka kurang memuaskan. Freiburg sempat menekan menjelang babak pertama berakhir, tetapi serangan mereka tak benar-benar berbahaya.
Alhasil, tak ada gol tercipta sampai paruh awal pertandingan selesai.
ADVERTISEMENT
Memasuki babak kedua, Gladbach segera menekan. Trisula Gladbach plus Stindl menjadi aktornya. Namun, lagi-lagi, finishing yang buruk membuat mereka gagal membobol gawang Freiburg.
Asyik menyerang, Gladbach kecolongan. Di menit ke-59, Freiburg sukses mencetak gol lewat sundulan Nils Petersen. Penyerang asal Jerman itu menyambut tendangan bebas playmaker asal Italia, Vincenzo Grifo.
Gol Petersen itu membuat Gladbach remuk. Gladbach semakin limbung setelah Plea mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-68 setelah terlambat melayangkan tekel.
Bermain dengan 10 orang jelas tak membantu Gladbach untuk menyamakan kedudukan. Terlebih, yang diusir adalah Plea, pencetak gol terbanyak kedua mereka di musim ini.
Tak hanya itu, Freiburg tampak puas dengan keunggulan satu gol. Mereka fokus terhadap pertahanan sembari sesekali mencoba untuk memukul lewat serangan balik.
ADVERTISEMENT
Dari situ, tak ada gol tambahan tercipta. SC Freiburg sukses mengalahkan Borussia Moenchengladbach satu gol tanpa balas.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.