Bola & Sports
·
23 Oktober 2020 14:15

Cerita Kelana Mahessa Kuliah di Dua Universitas Sekaligus

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Kelana Mahessa Kuliah di Dua Universitas Sekaligus  (563187)
Pemain keturunan Timnas U-19, Kelana Mahessa. Foto: Dok. PSSI
Tak hanya bermain sepak bola, Kelana Mahessa juga sadar betul akan pentingnya pendidikan. Pemain keturunan berusia 19 tahun ini bahkan sempat mengambil dua jurusan di dua universitas berbeda di Jerman.
ADVERTISEMENT
Nama Kelana menjadi perbincangan hangat belakangan ini setelah dipanggil Shin Tae-yong ke Kroasia untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19. Kelana, bersama adiknya Luah Mahessa, juga telah melakoni debutnya saat Timnas U-19 mengalahkan Hajduk Split 4-0 pada Selasa (20/10) lalu.
Saat ini, Kelana dan Luah bermain di klub Divisi Empat Liga Jerman, Bonner SC. Kelana sudah diganjar kontrak profesional selama dua tahun, sementara Luah bermain di tim U-19.
Khusus Kelana, meski saat ini berprofesi sebagai pemain profesional, nyatanya tak membuat ia melupakan pentingnya pendidikan. Saat ini, pemain berposisi sebagai gelandang itu tengah menempuh pendidikan di Universitas Deutsche Sport Hochschule di Koeln, Jerman jurusan jurnalisme olahraga.
"Kalau di sini (Jerman), lama waktu pendidikan sampai lulus SMA kan 13 tahun, beda dengan Indonesia 12 tahun. Jadi, anak yang lulus SMA di sini biasanya usia 18 tahun, tapi Kelana lulus waktu usia 17 tahun," ujar ayah Kelana dan Luah, Ruly Mahessa, kepada kumparan, Jumat (23/10).
Cerita Kelana Mahessa Kuliah di Dua Universitas Sekaligus  (563188)
Ayah pemain Timnas U-19 Kelana dan Luah Mahessa, Ruly Mahessa. Foto: Dok. Pribadi
"Karena Kelana sempat loncat kelas (akselerasi) satu tahun. Setelah lulus SMA, dia juga daftar kuliah di Jerman langsung diterima tanpa tes karena memang nilainya bagus sekali," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Ketika pada semester awal masa kuliah, lanjut Ruly, Kelana bahkan sempat mengambil dua jurusan di dua universitas sekaligus. Selain jurusan jurnalisme olahraga, Kelana sempat menempuh jurusan Sastra Jerman di Universitas Koeln.
Cerita Kelana Mahessa Kuliah di Dua Universitas Sekaligus  (563189)
Gelandang Timnas U-19, Kelana Mahesa. Foto: Media PSSI
"Waktu saya tanya kenapa mau kuliah di dua universitas, dia bilang kalau satu katanya kurang menantang. Memang Kelana dan Luah paham pentingnya pendidikan, jadi enggak cuma andalkan sepak bola," ucap Ruly.
Saat ini, Kelana dan Luah masih berada di Kroasia bersama skuat Timnas U-19. Skuat asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan menyelesaikan pemusatan latihan pada peka depan.