kumparan
30 Desember 2019 3:08

City Bungkam Sheffield Dua Gol Tanpa Balas

Manchester City vs Sheffield (PTR)
Pertandingan Premier League 2019/2020 antara Manchester City dan Sheffield United. Foto: REUTERS/Phil Noble
Manchester City kedatangan Sheffield United pada pekan ke-20 Premier League. Tuan rumah City sukses meraup tiga poin setelah menang 2-0 di Stadion Etihad, Senin (30/12/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Dua gol City dicetak oleh Sergio Aguero pada menit ke-52 dan Kevin de Bruyne (82’). Tambahan poin penuh membuat koleksi City menjadi 41, hanya terpaut satu angka dari Leicester City (42 poin) di peringkat kedua.
***
City melakoni pekan ke-20 dengan keadaan terluka. Mereka baru saja ditaklukkan Wolverhampton Wanderers 2-3 pada minggu sebelumnya.
Sheffield yang bertindak sebagai tamu bukanlah lawan enteng. Sebelum pergi ke Etihad, anak asuh Chris Wilder punya catatan empat laga beruntun tanpa kekalahan (tiga menang dan satu seri).
Peringkat di klasemen juga membuat Sheffield bisa tegak. Mereka cuma terpaut lima anak tangga alias berada di posisi kedelapan.
Meski tak mendominasi permainan, tim tamu nyatanya mampu membuat City kesulitan. Sebanyak 75% penguasaan bola tuan rumah pada babak pertama tak banyak berarti. Soalnya, tak ada tembakan ke gawang yang dihasilkan.
ADVERTISEMENT
Malah, Sheffield sanggup beberapa kali menekan. Mereka tak kehabisan akal walau cuma sedikit kesempatan menguasai bola.
Skema serangan balik dengan umpan panjang menjadi pilihan. Lys Mousset diplot sebagai targetman.
Baru 10 menit laga berjalan, Mousset punya dua peluang dari cara tersebut. Ia selalu berhasil melepaskan diri dari pengawalan bek City, tapi tembakannya di dalam kotak penalti belum menemui sasaran.
Manchester City vs Sheffield
Pertandingan Premier League 2019/2020 antara Manchester City dan Sheffield United. Foto: REUTERS/Phil Noble
Tuan rumah sendiri kesulitan membuat peluang. Sheffield menumpuk lima pemain di tengah yang membuat City tak mudah mencari ruang kosong di daerah sepertiga pertahanan lawan.
Baru memasuki menit ke-20 City punya beberapa kesempatan. Aksi individual Riyad Mahrez yang kerap menjadi ancaman dan sanggup membongkar tembok pertahanan Sheffield. Namun, usaha itu hanya berakhir tendangan gawang.
ADVERTISEMENT
Sheffield sejatinya bisa mencetak gol pada menit ke-29. George Baldock dari tengah lapangan mengirim umpan lambung ke jantung pertahanan City.
Mousset lepas dari penjagaan dan berhadapan satu lawan satu dengan Claudio Bravo. Mousset bisa menaklukkan Bravo dan menggetarkan jala gawang tuan rumah. Namun, wasit Chris Kavanagh menganulir gol karena Mousset lebih dulu offside.
Striker 23 tahun itu memang menjadi momok dibiarkan tanpa pengawalan ketat. Pada menit ke-40, ia pun nyaris membuka keran gol Sheffield dengan skema serangan balik serupa. Babak pertama berakhir tanpa gol.
Paruh kedua menjadi milik City. Baru 12 menit laga berjalan, tuan rumah berhasil unggul lewat gol Sergio Aguero.
Pemain asal Argentina itu menerima umpan terobosan dari Kevin de Bruyne dan langsung menembak ke arah kanan atas.
ADVERTISEMENT
Unggul 1-0 tak membuat Pep Guardiola tenang. Tak heran, Pep kemudian memasukkan Ilkay Guendogan menggantikan Bernardo Silva pada menit ke-62 untuk menguatkan palang pintu di lini kedua.
Cara tersebut terbilang berhasil. Sheffield tak diberikan kesempatan memberikan umpan panjang ke Mousset.
Tuan rumah bisa tenang setelah berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-82. Berawal dari serangan balik, Mahrez berlari sampai sepertiga pertahanan Sheffield.
Ia berhasil mengecoh satu pemain lawan sebelum memberikan umpan kepada De Bruyne. Dengan dua kali sentuhan, De Bruyne langsung menembak dari dalam kotak penalti.
Tertinggal dua gol tak membuat tim tamu patah arang. Mengendurnya tekanan City dimanfaatkan anak asuh Chris Wilder.
Sheffield kian gencar menyerang untuk mencari gol. Pemain pengganti, Billy Sharp, nyaris masuk papan skor andai sundulannya tak membentur tiang gawang.
ADVERTISEMENT
Skor 2-0 buat keunggulan tuan rumah bertahan hingga laga usai. City meraup tiga poin dan masih tetap berada di posisi ketiga klasemen dengan 41 poin.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.