Cristiano Ronaldo di Mata Mourinho: Tak Perlu Dilatih Sudah Jago

16 Februari 2024 16:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo bersama Jose Mourinho merayakan Juara Liga Spanyol pada 13 Mei 2012 di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. Foto: AFP/JAIME REIN
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo bersama Jose Mourinho merayakan Juara Liga Spanyol pada 13 Mei 2012 di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. Foto: AFP/JAIME REIN
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jose Mourinho angkat suara perihal pengalamannya bekerja sama dengan Cristiano Ronaldo, kala 3 musim menukangi Real Madrid. Di matanya, pemain dengan julukan CR7 itu merupakan sosok pesepak bola yang tidak perlu diragukan lagi kehebatannya.
ADVERTISEMENT
Mourinho mengatakan, tidak pernah memiliki kendala dalam melatih bomber milik Timnas Portugal itu. Mourinho menyebut, Ronaldo adalah tipikal pemain yang tak perlu lagi dilatih. Eks juru taktik AS Roma itu juga mengungkap, Real Madrid adalah masa transisi bagi Ronaldo untuk menemukan jati dirinya sebagai pesepak bola.
"Saya merasa tidak melatih dia [Cristiano Ronaldo]. Hanya menemukan kebahagiaan dan memberikan taktik yang jelas ketika bermain. Itulah kunci di mana Ronaldo bisa menunjukkan penampilan terbaiknya," ucap Mourinho dikutip goalinternational.
"Menurut saya, Real Madrid adalah masa transisi bagi seorang Cristiano Ronaldo. Melihat dia memainkan banyak posisi seperti sayap kiri, sayap kanan, penyerang, hingga melewati lawan adalah bagian perjalanannya. Pada akhirnya, jati dirinya menjadi seorang pencetak gol," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo ketika di Real Madrid. Foto: Getty Images
Sebagai saksi langsung dari perjalanan karier Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho mengakui kehebatan pemain dengan 5 trofi Ballon D'or tersebut. Menurutnya, CR7 adalah pemain yang memilik kualitas komplit sebagai seorang pesepak bola.
"Kamu tidak perlu berikan motivasi padanya, jangan bicarakan teknik dengannya. Berikan saja instruksi yang jelas, dan biarkan Ronaldo jalani perannya," tandas Mourinho.
Jose Mourinho sempat menjadi juru taktik Real Madrid selama 3 musim lamanya, yakni 2010 hingga 2013. Dirinya telah menyumbangkan beberapa gelar bergengsi, selama masa baktinya bersama Los Blancos.
Cristiano Ronaldo, yang kini mentas di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr, telah mencatatkan 438 penampilan dengan torehan 450 gol selama 9 musim berseragam Real Madrid. Ronaldo merupakan salah satu pemain tersubur yang pernah dimiliki oleh klub bermarkas Santiago Bernabeu tersebut.
ADVERTISEMENT