kumparan
Bola & Sports17 Februari 2020 7:20

Dapat Hukuman UEFA, Gelar Juara Premier League 2013/14 Manchester City Dicopot?

Konten Redaksi kumparan
Manchester City, West Ham United
Laga antara Manchester City dan West Ham United di Etihad Stadium resmi ditunda. Foto: Jon Super/REUTERS
Manchester City bisa kehilangan titel juara Premier League 2013/14. Kondisi ini terjadi kalau Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) sepaham dengan UEFA bahwa City bersalah telah melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).
ADVERTISEMENT
Jadi begini. Kalau The Citizens benar-benar divonis bersalah, aturan Premier League memperbolehkan hukuman pengurangan poin di musim-musim sebelumnya. Hal itu bisa berpengaruh pada posisi City di klasemen Premier League beberapa musim lalu.
Meski belum dikonfirmasi Premier League, periode yang akan diselidiki adalah antara 2012 sampai 2016. Sebab, UEFA menduga kuat itu adalah periode saat City menggelembungkan nilai pendapatan sponsor mereka.
Manchester City
Logo Manchester City di Etihad Stadium. Foto: Reuters/Jon Super
Nah, belum diketahui pasti apakah hal ini juga bakal mempengaruhi titel Premier League 2011/12 City. Akan tetapi, kemungkinan lebih besar tentu menyasar gelar juara 2013/14.
Lucunya, kalau titel Premier League 2013/14 City dicopot, bisa jadi Liverpool yang mendapat gelar juara itu. Pasalnya, The Reds finis di peringkat dua pada Premier League 2013/14.
ADVERTISEMENT
Kalau titel Premier League 2011/12 City juga dicopot, ada kemungkinan Manchester United yang mendapat gelar itu. Soalnya, The Red Devils finis di posisi dua dengan raihan poin yang sama di musim tersebut.
Sebenarnya aturan Premier League terkait FFP itu sedikit lebih longgar dibanding UEFA. Aturan Premier League itu memperbolehkan adanya kerugian sebesar 105 juta poundsterling selama tiga musim.
City mengeklaim bahwa laporan pendapatan sponsor mereka akurat. Namun, UEFA menganggap laporan itu berlebihan agar laporan laba rugi City terlihat sehat.
Daily Mail melaporkan bahwa keputusan CAS terkait ini akan terjadi di musim panas nanti, tepatnya sebelum babak kualifikasi Liga Europa dimulai pada 23 Juli.
===
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
ADVERTISEMENT
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID.
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.