Bola & Sports
·
21 September 2020 10:54

Debut Thiago Alcantara Bersama Liverpool: Blunder Penalti, tapi Klopp Puas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Debut Thiago Alcantara Bersama Liverpool: Blunder Penalti, tapi Klopp Puas (14851)
Thiago Alcantara Resmi Jadi Milik Liverpool. Foto: www.liverpoolfc.com
Thiago Alcantara melakoni debut untuk Liverpool lebih cepat dari yang direncanakan. Awalnya, Juergen Klopp tak ingin menurunkan gelandang asal Spanyol itu di laga Chelsea vs Liverpool, Minggu (20/9).
ADVERTISEMENT
Namun, situasi memaksa Klopp mengambil keputusan demikian. Jordan Henderson mengalami cedera dan Thiago diturunkan di awal babak kedua laga tersebut.
Padahal, Thiago baru berlatih satu kali dengan skuat The Reds. Bahkan, eks pemain Bayern Muenchen dan Barcelona itu baru resmi diumumkan pada Jumat pekan lalu.
Walau demikian, Thiago tampil cukup baik. Dia tampak ngeklik dengan pemain Liverpool. Namun, Thiago membuat kesalahan besar di debutnya. Gara-gara aksinya Liverpool dihukum penalti.
Thiago melanggar Timo Werner di dalam kotak terlarang. Pelanggaran itu berujung tendangan penalti. Untungnya, Alisson Becker melakukan penyelamatan gemilang dan membuat gawang Liverpool tetap aman.
Debut Thiago Alcantara Bersama Liverpool: Blunder Penalti, tapi Klopp Puas (14852)
Thiago Alcantara (jersi nomor 6) saat debut bersama Liverpool di laga tandang melawan Chelsea. Foto: Matt Dunham/REUTERS
Tetapi, selain kesalahan itu Thiago boleh berbangga dengan debutnya. Di pertandingan itu, dia sukses mengirim sejumlah operan ciamik ke skuat barunya.
ADVERTISEMENT
Per catatan Sky Sports, Thiago melepas 83 operan dengan akurasi mencapai 90 persen. Artinya, dari 83 operan ada 75 yang sampai ke teman satu tim.
Dengan begitu, ia menjadi salah satu pemain Liverpool yang paling banyak mengirim bola di laga melawan Chelsea. Hebatnya, itu dia lakukan meski hanya bermain 45 menit.
Debut Thiago Alcantara Bersama Liverpool: Blunder Penalti, tapi Klopp Puas (14853)
Thiago Alcantara Resmi Jadi Milik Liverpool. Foto: www.liverpoolfc.com
Operan yang Thiago kirim juga bukan sekadar operan biasa. Bola yang dia oper membuat Liverpool mampu merusak lini pertahanan Chelsea.
Thiago mampu melepas 12 umpan panjang di laga tersebut. 10 di antaranya tepat sasaran dengan Virgil van Dijk jadi target favoritnya.
Klopp mengaku puas dengan penampilan perdana Thiago. Tetapi, ia mengatakan bahwa Thiago memang belum klik dengan tugas defensifnya.
ADVERTISEMENT
"Dia agak sulit melakukan tugas defensif karena di sini kami punya gaya berbeda," kata Klopp.
Debut Thiago Alcantara Bersama Liverpool: Blunder Penalti, tapi Klopp Puas (14854)
Thiago Alcantara Resmi Jadi Milik Liverpool. Foto: www.liverpoolfc.com
Di Bayern, Thiago biasanya bertugas di pos tengah dengan satu gelandang lain. Sementara di Liverpool ia menjadi 'jantung' dari formasi tiga 4-3-3 ala Klopp.
Betul bahwa Thiago melakukan blunder yang berujung penalti. Tetapi, hal itu tak membuatnya gentar mengemban tugas bertahan.
Nyatanya, 10 menit setelah blunder penalti itu, Thiago kembali beraksi di dalam kotak terlarang Liverpool. Dia sukses mencuri bola dari Werner.
Di samping itu, Thiago menjadi aktor dari sejumlah momen di laga Chelsea vs Liverpool. Ia menunjukkan kebolehannya membawa bola saat berduel dengan Jorginho. Bahkan, ia nyaris mencetak gol di laga debutnya.
Belum penuh satu laga Thiago lakoni, tetapi rekan satu timnya sudah mengirim sinyal senang bermain dengan dia. Sadio Mane salah satunya.
ADVERTISEMENT
"Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia," kata Mane.
"Saya pikir semua orang tahu apa yang mampu dia lakukan. Kami beruntung memiliki Thiago dan hari ini dia menunjukkan bahwa ia adalah pemain top," tambahnya.
Meski demikian, Thiago belum boleh jemawa. Patut kita ingat bahwa Thiago debut melawan Chelsea yang salah satu pemainnya kena kartu merah. Hal itu tentu saja berpengaruh pada situasi di lapangan.
Thiago sendiri masih punya kesempatan lain untuk menunjukkan kebolehannya. Liverpool akan menghadapi Arsenal di laga Premier League selanjutnya dan segera melakoni Derbi Merseyside.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.