Bola & Sports
·
7 Desember 2020 19:51

Diundur ke Desember, Piala AFF 2020 Kembali ke Format Semula

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Diundur ke Desember, Piala AFF 2020 Kembali ke Format Semula (140513)
Suporter Timnas Indonesia dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 melawan Timnas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah mengambil keputusan untuk kembali memundurkan jadwal perhelatan Piala AFF 2020. Dari sedianya direncanakan berlangsung pada April mendatang, kini diundur menjadi 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.
ADVERTISEMENT
Presiden AFF, Khiev Sameth, mengatakan keputusan itu diambil tak lepas dari padatnya jadwal turnamen sepak bola pada 2021, baik domestik maupun internasional. Karena itu, pihaknya menilai Desember sebagai momen yang tepat untuk melaksanakan Piala AFF 2020.
Dengan diundurnya perhelatan Piala AFF ke Desember, format turnamen dua tahunan ini pun dikembalikan ke semula. Sebelumnya, ketika dijadwalkan pada April, format turnamen ditetapkan dengan home tournament atau tuan rumah tunggal.
"Dengan tanggal baru, 5 Desember-1 Januari 2022, membuat event ini bisa digelar format penuh dengan kandang dan tandang pada dua grupnya dan juga babak knock-out," ujar Sameth di situs resmi AFF, Senin (7/12).
Diundur ke Desember, Piala AFF 2020 Kembali ke Format Semula (140514)
Polisi Malaysia berjaga didekat suporter Malaysia saat pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Piala AFF mengusung format baru sejak 2018 lalu. Dari dua grup yang terdiri dari empat tim, tiap-tiap tim bakal memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang dengan sekali putaran.
ADVERTISEMENT
Format tersebut diubah dari sebelumnya mengusung home tournament pada babak grup dan baru diadakan home-away pada babak semifinal dan final.