kumparan
20 November 2019 6:30

Dwigol Ramsey ke Gawang Hongaria Antarkan Wales ke Piala Eropa 2020

[PORTRAIT] Timnas Wales
Aaron Ramsey mencetak gol untuk Timnas Wales. Foto: REUTERS/Rebecca Naden
Akhirnya, angan-angan Timnas Wales terwujud juga pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Menghadapi Timnas Hongaria di Cardiff City Stadium, pasukan Ryan Giggs itu memetik kemenangan 2-0 berkat dwigol Aaron Ramsey.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil ini, Wales pun mengakhiri babak kualifikasi Piala Eropa 2020 di posisi kedua Grup E dengan 14 poin. Ini artinya, tim berjuluk Y Dreigiau menjadi tim terakhir yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 secara otomatis.
Karena merupakan pertandingan menentukan, Wales pun tampil dengan skuat terbaiknya sejak awal dalam skema 4-2-3-1 Lini serang menjadi paling menawan, karena dihuni pemain-pemain seperti Bale, Aaron Ramsey, dan Daniel James.
Hongaria pun begitu juga. Menerapkan sistem 4-2-3-1, terlihat Peter Gulacsi -- sang kiper andalan RB Salzburg -- di posisi penjaga gawang dan Adam Szalai sebagai penyerang tunggal.
Karena menjadi tuan rumah, Wales sudah agresif menyerang sejak awal pertandingan. Hasilnya kemudian muncul pada menit ke-14. Usai melakukan dribel, Bale melancarkan umpan lambung dari tepi kanan yang berbuah gol sundulan Ramsey.
ADVERTISEMENT
Timnas Wales
Para pemain Wales merayakan kelolosan ke putaran final Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Rebecca Naden
Setelah gol itu, kedua tim saling serang. Pada menit ke-34, Hongaria memiliki kans untuk mencetak gol. Namun, tembakan Dominik Szoboszlai, dan kemudian Roland Sallai, mampu ditepis kiper Wayne Hennessey di depan gawang.
Di babak kedua, Wales mendapatkan durian runtuh tak lama sepak mula dilakukan. Bermula dari eksekusi tendangan bebas Ben Davies, Kieffer Moore bisa menciptakan assist untuk Ramsey. Setelah gol itu, kemudi laga ini sepenuhnya milik Wales.
Laga ini kemudian diakhiri dengan skor 2-0 untuk Wales. Usai laga, para pemain Wales berpesta dan, menariknya, Bale memegang spanduk konyol bertuliskan, "Wales, Golf, dan Madrid. Itulah urutannya." Ah, yang lolos, mah, bebas mau ngapain juga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan