kumparan
27 Februari 2019 17:18

Emery Beberkan Alasan Belum Mainkan Denis Suarez Selama 90 Menit

Denis Suarez
Pemain baru Arsenal, Denis Suarez Foto: Arsenal.com
Pelatih Arsenal, Unai Emery, menyatakan bahwa rekrutan anyar timnya, Denis Suarez, belum siap untuk turun selama 90 menit. Sejak direkrut pada bulan Januari lalu, Suarez memang hanya bermain selama beberapa menit bagi Arsenal. Menurut Emery, hal ini berkaitan dengan kebugaran dan proses adaptasi sang pemain.
ADVERTISEMENT
Suarez yang dipinjam dari Barcelona dengan opsi pembelian permanen ini baru turun sebanyak empat kali bagi Arsenal. Semua penampilannya pun ia lakoni dari bangku cadangan. Wajar apabila hanya 66 menit yang dikumpulkan Suarez bersama Arsenal sejauh ini.
Dari situ, Emery memang menyatakan bahwa Suarez belum siap untuk bermain dalam satu pertandingan penuh. Alasan yang pertama adalah proses adaptasi sang pemain yang masih berjalan. Untungnya, Emery juga menegaskan bahwa Suarez berlatih dengan baik untuk memahami permainan rekan-rekannya.
“Saya pikir Suarez bekerja setiap hari untuk berkembang dan mengetahui permainan kami. Filosofi yang saya terapkan adalah memberikan waktu bermain sedikit demi sedikit bagi pemain baru untuk beradaptasi. Dengan begitu, ia akan semakin percaya diri dan paham permainan rekan setimnya. Namun, saya rasa Suarez belum siap untuk bermain selama 90 menit karena ia mesti menyesuaikan ritmenya.” ujar Emery dikutip dari situs resmi Arsenal.
ADVERTISEMENT
Unai Emery
Unai Emery memberi instruksi pada pemain Arsenal saat menghadapi Vorskla di Liga Europa. Foto: Reuters/Peter Cziborra
Lebih dari itu, Emery juga berdalih bahwa kebugaran Suarez membuatnya mesti lebih berhati-hati ketika memberikan menit bermain. Pemain asal Galicia ini memang sempat mengalami cedera hamstring. Namun, cederanya tersebut pada dasarnya terjadi di tahun 2018 lalu, tepatnya di antara bulan Juli hingga September lalu ketika ia masih berada di Barcelona.
Kendati begitu, minimnya kesempatan bermain yang ia dapatkan bersama Barcelona membuatnya sulit untuk memulihkan match fitness-nya. Hanya enam kali ia tampil bersama Los Cules di semua kompetisi, dan enam laga tersebut ia jalani dari bangku cadangan.
Berangkat dari situ, Emery menyatakan bahwa menit bermain Suarez yang diberikan secara gradual juga berkaitan dengan kondisi fisik sang pemain. Suarez tak diturunkan ketika Arsenal mengalahkan Southampton hari Minggu (24/2/2019). Namun, di pertandingan melawan AFC Bournemouth, Kamis (28/2) dini hari WIB, Suarez mungkin akan kembali dimainkan.
ADVERTISEMENT
Barcelona vs Eibar
Denis Suarez melakukan selebrasi. Foto: Reuters/Albert Gea
"Bagi Suarez, semua menit bermain yang ia dapatkan sangat penting. Di laga melawan Southampton, saya ingin memberinya menit bermain. Namun, karena cedera yang ia alami sebelumnya, saya tak bisa memberikan itu. Kesempatan baginya mungkin akan datang di laga melawan Bournemouth," ucap Emery.
Di tengah minimnya kesempatan main yang ia dapatkan, Suarez masih optimis bahwa ia mampu menjadi pemain yang penting bagi Arsenal. Ia juga yakin akan mendapatkan menit bermain yang pantas.
“Saya bergabung dengan Arsenal untuk mendapatkan menit bermain dan untuk menjadi pemain penting. Saya memiliki determinasi untuk tampil baik dan menjadi pemain yang sukses di klub ini. Sudah menjadi target saya untuk tampil baik dan sukses di Arsenal,” ungkap Suarez di kanal YouTube Arsenal.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan