kumparan
21 November 2018 22:44

Gagal Antar Timnas ke Semifinal, Bima Sakti Minta Maaf

Timnas Indonesia melawan Thailand di AFF 2018
Timnas Indonesia menyalami suporter di Stadion Rajamangala, Thailand. (Foto: ANTARAFOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pupus sudah perjuangan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018. Kepastian ini didapat usai Timnas Filipina bermain imbang dengan Timnas Thailand dalam matchday ketiga Grup B Piala AFF 2018.
ADVERTISEMENT
Bermain di Stadion Panaad pada Rabu (21/11/2018), Thailand dan Filipina bermain imbang 1-1. Tuan rumah tertinggal lebih dulu lewat sepakan Supachai Jaided pada menit 56. Hasil ini sempat menghidupkan kembali harapan Timnas untuk lolos ke babak semifinal.
Namun, pada menit 81, Filipina menghidupkan asa untuk diri mereka sendiri. Lewat sumbangan gol Jovin Bedic, Filipina sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sekarang, kedua tim sudah mengumpulkan masing-masing tujuh poin dan duduk di posisi pertama dan kedua klasemen Grup B.
Raihan poin Filipina dan Thailand ini sudah tidak mungkin dikejar oleh Timnas yang baru mengumpulkan tiga poin dari tiga laga. Seandainya Timnas memenangi laga terakhir menghadapi Filipina, total poin yang mereka dapat hanya enam.
ADVERTISEMENT
Atas kegagalan ini, pelatih Timnas, Bima Sakti, pun mengeluarkan pernyataannya. Ia mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh elemen sepak bola Indonesia karena gagal mengantarkan Timnas melangkah lebih jauh di Piala AFF 2018.
"Pertama, saya minta maaf kepada PSSI dan pencinta sepak bola Indonesia," ujar Bima kepada para pewarta.
"Kita semua pasti sedih. Tapi, saya pesan kepada pemain, perjuangan belum selesai dan kita harus tutup pertandingan hari Minggu (25/11) nanti dengan kemenangan," tambahnya.
Timnas Indonesia vs Thailand
Timnas Indonesia vs Thailand di leg kedua final Piala AFF 2016. (Foto: Lillian Suwanrumpha/AFP)
Kegagalan Timnas lolos ke babak semifinal Piala AFF ini bukan kali pertama. Terhitung, sejak gelaran Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger) dimulai sejak 1996, Timnas gagal lolos ke babak semifinal sebanyak tiga kali. Itu terjadi pada tahun 2007, 2012, dan 2014.
ADVERTISEMENT
Ditambah dengan kegagalan lolos di tahun 2018 ini, maka Timnas gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018 sebanyak empat kali. Artinya, Timnas pun gagal mengulangi raihan apik pada 2016, kala mereka sukses menembus partai final Piala AFF 2016.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan