Bola & Sports
·
18 Juli 2021 15:04
·
waktu baca 2 menit

Gianluigi Donnarumma Dilarang Pakai Nomor Punggung 99 di PSG, Mengapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gianluigi Donnarumma Dilarang Pakai Nomor Punggung 99 di PSG, Mengapa? (530403)
searchPerbesar
Kiper baru PSG, Gianluigi Donnarumma. Foto: Instagram/@psg
Gianluigi Donnarumma sudah resmi menjadi bagian dalam tim Paris Saint-Germain (PSG) jelang musim kompetisi 2021/22. Namun, penjaga gawang yang musim sebelumnya membela AC Milan itu dilarang mengenakan nomor punggung 99. Mengapa?
ADVERTISEMENT
Donnarumma direkrut dengan status bebas transfer usai kontraknya di AC Milan habis. Kiper yang baru saja memenangi Euro 2020 bersama Timnas Italia itu memang lekat dengan nomor punggung 99.
Donnarumma sudah memakai nomor punggung itu saat melakoni debut bersama Milan di usia 16 tahun. Nomor punggung 99 merepresentasikan tahun kelahirannya, yakni 1999.
Namun, saat membela PSG musim depan, Donnarumma dipastikan tak bisa memakai nomor kesayangannya ini lagi. Hal ini lantaran terbentur dengan regulasi di Prancis.
Ya, aturan Ligue 1 melarang penjaga gawang menggunakan nomor punggung 99. Para kiper sudah diatur untuk mengenakan nomor 1, 16 dan 30. Namun, nomor-nomor itu sudah diisi oleh kiper PSG lain. Alhasil, Donnarumma akan memakai nomor punggung 50.
Gianluigi Donnarumma Dilarang Pakai Nomor Punggung 99 di PSG, Mengapa? (530404)
searchPerbesar
Kiper Timnas Italia Gianluigi Donnarumma. Foto: Carl Recine/REUTERS
''Nomor [punggung] 1, 16, dan 30 secara eksklusif harus disediakan untuk penjaga gawang. Pada akhirnya [jika sudah terpakai], nomor 40 bisa diberikan,'' bunyi regulasi terkait nomor punggung di Liga Prancis, dilansir Sport Bible.
ADVERTISEMENT
''Semua tim harus memiliki jersi bernomor 33 yang tidak ditetapkan untuk seorang pemain dan dicadangkan untuk penggantian yang melanggar.''
Skuad PSG sendiri saat ini sudah cukup 'banjir kiper'. Setelah mendatangkan Donnarumma, tim berbasis di Ibu Kota Prancis itu punya total 9 penjaga gawang.
Adapun, Gianluigi Donnarumma diikat dengan kontrak jangka panjang bersama PSG, hingga pertengahan tahun 2026.
---