kumparan
23 September 2018 3:47

Gol Asensio Bawa Real Madrid Taklukkan Espanyol di Bernabeu

Real Madrid
Para pemain Real Madrid merayakan gol Marco Asensio yang dicetak ke gawang Espanyol pada ajang La Liga 2018/19. (Foto: REUTERS/Susana Vera)
Dengan susah payah Real Madrid berhasil meraih tiga poin di Santiago Bernabeu. Menjamu Espanyol pada pertandingan pekan kelima La Liga 2018/19, Minggu (23/9/2018) dini hari WIB, Los Blancos menang dengan skor tipis 1-0.
ADVERTISEMENT
Hanya satu gol yang dicetak Madrid via Marco Asensio di menit 41. Sebetulnya, hal itu cukup disayangkan karena mereka mampu mendominasi sepanjang laga dengan melepas 19 percobaan berbanding 10 milik Espanyol, dan penguasaan bola mencapai 64,8%.
Meski demikian, kemenangan ini membuat Madrid untuk sementara memuncaki klasemen La Liga dengan koleksi 13 poin, unggul satu angka atas Barcelona. Sedangkan, Espanyol sendiri turun ke posisi enam dengan 7 poin.
Julen Lopetegui melakukan beberapa rotasi pemain seperti menyimpan Gareth Bale dan Marcelo. Sebagai gantinya, trio Karim Benzema, Marco Asensio, dan Isco Alarcon dipilih untuk lini serang dalam skema 4-3-3. Sementara itu, Casemiro, Luka Modric, dan Dani Ceballos menopang di lini tengah.
Sepuluh menit babak pertama berjalan ditandai dengan dominasi Madrid di tiap lini. Aliran bola dari Modric yang diarahkan ke sisi sayap memaksa Espanyol merapatkan pertahanan dengan menumpuk pemain di daerah sendiri. Hal ini membikin upaya serangan Madrid kerap sulit menembus kotak penalti.
ADVERTISEMENT
Espanyol yang tertekan justru menjadi tim pertama yang mendapat peluang di laga ini pada menit 14. Blunder dari Sergio Ramos dalam membuang bola bisa disambar oleh sepakan Sergi Darder. Permainan keras yang ditunjukkan Espanyol semakin menyulitkan Madrid dan akhirnya tanpa peluang hingga menit ke-25.
Memasuki menit 30-an, akhirnya ada percobaan Madrid yang berbuah menjadi peluang via sundulan dan sepakan Casemiro. Namun, Espanyol pun kembali mendapat peluang emas lewat serangan balik di menit 34. Sayangnya, sepakan dari Hernan Perez bisa digagalkan Thibaut Courtois.
Ketika babak pertama dirasa bakal berakhir imbang, serangan balik Madrid menit 42 membuahkan gol. Berawal dari sepakan Modric yang membentur bek, Asensio menyambar bola liar yang tak bisa dibendung Diego Lopez. Video Assistant Referee (VAR) sempat digunakan, tapi Asensio dinyatakan bebas dari offside.
ADVERTISEMENT
Beberapa peluang kembali didapatkan Madrid setelah unggul. Tetapi, percobaan dari Sergio Ramos, Casemiro, dan Nacho Fernandez belum menemui sasaran. Espanyol sendiri tak bisa banyak berkutik dan kian merapatkan baris pertahanan. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan Madrid 1-0.
Real Madrid
Luka Modric berduel dengan pemain Espanyol pada pertandingan pekan kelima La Liga 2018/19 yang berlangsung di Santiago Bernabeu. (Foto: REUTERS/Susana Vera)
El Real memulai babak kedua dengan meningkatkan agresivitas dan langsung memperoleh peluang via sepakan Modric yang bisa ditepis Lopez pada menit 48. Percobaan Modric ini kemudian diikuti oleh Isco dan Casemiro, tapi tak ada satu pun upaya mereka yang menemui sasaran.
Lopetegui akhirnya melakukan pergantian pemain di sisa 30 menit pertandingan dengan memasukkan Mariano Diaz dan Lucas Vazquez. Namun, Espanyol justru bisa mencuri kesempatan dari transisi yang dialami Madrid. Dua peluang kemudian didapat Borja Iglesias. Yang pertama digagalkan Courtois, sedangkan percobaan kedua membentur mistar gawang.
ADVERTISEMENT
Madrid lantas merespons dengan lebih efektif dalam menyerang dan menghasilkan beberapa percobaan mengarah gawang. Tapi, sundulan Ramos serta sepakan Isco dan Marcos Llorente di sisa waktu pertandingan bisa dimentahkan oleh Lopez. Alhasil, skor 1-0 untuk kemenangan Madrid tak berubah hingga laga rampung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan