Bola & Sports
·
22 April 2021 22:28

Hasil Final Piala Menpora: Berkat Gol Kilat, Persija Kalahkan Persib di Leg 1

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hasil Final Piala Menpora: Berkat Gol Kilat, Persija Kalahkan Persib di Leg 1 (29995)
Laga final leg pertama Piala Menpora, Persija Jakarta vs Persib Bandung. Foto: Instagram/@persib
Persija mengalahkan Persib di leg pertama Final Piala Menpora 2021. Skor akhir laga di Stadion Maguwaharjo, Kamis (22/4) malam WIB itu, adalah 2-0. Gol-gol dicetak oleh Braif Fatari (1') dan Taufik Hidayat (7').
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, gol Braif tercipta tepatnya di detik ke-32. Artinya, ini adalah gol tercepat di Piala Menpora, mengalahkan gol cepat yang sebelumnya dicetak Ezra Walian di laga Persib vs Persebaya di perempat final.

Starting XI Persija vs Persib

Persija XI: Andritany Ardhiyasa (GK), Maman Abdurahman, Marco Motta, Tony Sucipto, Braif Fatari, Marc Klok, Novri Setiawan, Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Taufik Hidayat.
Persib XI: I Made Wirawan (GK), Ardi Idrus, Nick Kuipers, Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Abdul Aziz, Farshad Noor, Febri Hariyadi, Ezra Walian, Frets Butuan, Wander Luiz.

Jalannya Laga Persija vs Persib

Hasil Final Piala Menpora: Berkat Gol Kilat, Persija Kalahkan Persib di Leg 1 (29996)
Braif Fatari di Laga final leg pertama Piala Menpora, Persija Jakarta vs Persib Bandung. Foto: Instagram/@persija
Persija mencetak gol saat laga belum genap 1 menit. Riko mengirim umpan silang dari sisi kanan serangan ke kotak penalti, bola dipantulkan Taufik, bola liar ditembak Braif ke gawang. 1-0. Gol ini tercipta tak lepas karena peran Braif melakukan tusukan di awal laga.
ADVERTISEMENT
Persija mencetak gol kedua di menit 7. Berawal dari serangan balik, Riko mengirim umpan silang dari sisi kiri serangan yang diselesaikan dengan akurat oleh sepakan terukur Taufik Hidayat. 2-0. Lini belakang Persib begitu rentan di awal babak pertama ini.
Hasil Final Piala Menpora: Berkat Gol Kilat, Persija Kalahkan Persib di Leg 1 (29997)
Taufik Hidayat di Laga final leg pertama Piala Menpora, Persija Jakarta vs Persib Bandung. Foto: Instagram/@persija
10 menit laga berjalan, Persib kesulitan membangun serangan. Persija piawai memotong umpan-umpan pemain 'Maung Bandung', terlebih tidak ada sosok playmaker dan sosok penghubung antarlini yang ajek di lini tengah Persib.
25 menit laga berjalan, Persib perlahan-lahan menemukan irama permainan. Walau begitu, rapinya pertahanan Persija mengakibatkan Febri dkk tak kunjung membikin peluang berbahaya. 'Maung Bandung' kesulitan bermain dengan bola-bola datar, mencoba dengan bola-bola lambung pun belum efektif.
Persija bahkan hampir mencetak gol ketiga. Pada menit 26, Osvaldo melakukan gocekan dan melepas sepakan terukur di kotak penalti usai menerima umpan Marco Motta, tetapi bola berhasil diblok Kuipers. Skor 2-0 bertahan hingga cooling break.
ADVERTISEMENT
Pada menit 44, Abdul tergeletak di lapangan dan sempat harus ditandu ke luar lapangan. Sebelumnya, Persija terlebih dulu kehilangan Novri yang mengalami cedera di menit 27 dan digantikan Alfath Fathier.
Pada menit 45+4, Taufik nyaris mencetak gol keduanya usai menerima umpan datar dari Osvaldo. Sayang, sepakan kaki kiri si striker muda masih melenceng di sisi kiri gawang Persib. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.
Pada awal babak kedua, Persib memasukkan Esteban Vizcarra, Dedi Kusnandar, dan Beckham Putra untuk memperbaiki serangan. Febri, Farshad, dan Abdul ditarik keluar.
Pada menit 52, Luiz melakukan tendangan salto di dalam kotak penalti. Namun, arahnya masih belum benar. Tujuh menit berselang, ia kembali punya peluang. Ia menyundul bola ke gawang usai menerima umpan lambung Frets, tetapi masih ada Toni yang memblok bola.
Hasil Final Piala Menpora: Berkat Gol Kilat, Persija Kalahkan Persib di Leg 1 (29998)
Wander Luiz di Laga final leg pertama Piala Menpora, Persija Jakarta vs Persib Bandung. Foto: Instagram/@persib
Pada menit 62, Vizcarra melepas sepakan dari kotak penalti setelah menyambut umpan Dedi. Namun, gol masih belum jua tercipta.
ADVERTISEMENT
Setidaknya, kehadiran tiga pemain pengganti Persib memberi kontribusi bagus terhadap kualitas serangan di babak kedua. Pada menit 64, Marko Simic masuk menggantikan Taufik yang cedera.
Pada menit 74, Osvaldo kembali mendapat peluang menendang di kotak penalti. Namun sayang, tembakannya masih bisa diblok Supardi.
Satu menit berselang, Vizcarra kembali mendapat peluang di kotak penalti. Namun, tendangan first time-nya mampu ditangkap Andritany. Skor 2-0 bertahan hingga cooling break.
Pada menit 81, terjadi kejadian menarik. Alfriyanto Nico yang belum lama masuk lapangan melanggar Supardi. Setelahnya, Nico mencium tangan Supardi sebagai bentuk permintaan maaf dan sportivitas.
Pada menit 85, Riko melakukan tembakan jarak dekat usai menerima umpan datar dari Simic, tetapi Made masih bisa menangkap bola. Apresiasi untuk Osvaldo yang sebelumnya melakukan tusukan ke kotak penalti Persib.
ADVERTISEMENT
Skor 2-0 tak berubah hingga akhir laga. Persija menang atas Persib di leg pertama Final Piala Menpora 2021.
***