kumparan
19 Februari 2020 1:46

Iker Casillas Pensiun

Iker Casillas
Casillas sedang menanti. Foto: Reuters
Tak ada pesta yang tak usai. Iker Casillas, kiper legendaris Spanyol itu, memutuskan untuk mengakhiri kariernya di dunia sepak bola. Hal itu dikonfirmasi oleh Jorge Nuno Pinto da Costa selaku Presiden FC Porto.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan bahwa Casillas telah menemuinya dan mengatakan keputusannya untuk gantung sepatu. Langkah itu terkait dengan langkah Casillas yang mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) beberapa waktu lalu.
"Sebelum mengumumkan pencalonannya, Iker Casillas datang menemui saya untuk memberi tahu saya tentang keputusannya untuk pensiun," kata Pinto da Costa kepada media Portugal.
Iker Casillas
Iker Casillas melakukan penyelamatan di sebuah laga. Foto: REUTERS/Miguel Vidal
Casillas amat identik dengan Real Madrid. Wajar, sih, 15 tahun dia mengabdi untuk El Real. Torehan gelarnya pun sudah mencapai 19 --termasuk 5 trofi La Liga dan 3 titel Liga Champions.
Hingga akhirnya Casillas hengkang dari Santiago Bernabeu ke Porto pada 2015. Eksistensinya masih terjaga bersama Dragoes. Toh, Casillas sukses mengantar Porto juara Primera Liga di edisi 2017/18 dan Piala Super Portugal 2018.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, keberadaan Casillas memudar semusim berselang. Dia mengalami serangan jantung ketika menjalani sesi latihan. Eh, itu tak lantas membuat Casillas berhenti bermain. Kondisinya perlahan membaik dan kembali berlatih tiga bulan kemudian.
Oh, iya, kiprah Casillas bersama Timnas Spanyol juga tak bisa dilupakan begitu saja. Dia jadi pilar penting atas keberhasilan 'Tim Matador' meraih trofi Piala Dunia dan dua kali menggamit gelar Piala Eropa.
Sementara untuk titel individu, Casillas telah lima kali dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia versi IFFHS --terbanyak bersama Gianluigi Buffon. Itu belum dihitung dengan keberhasilannya meraih gelar Kiper Terbaik La Liga (2009 dan 2010), Kiper Terbaik Liga Portugal (2018/19), serta Kiper Terbaik Piala Dunia 2010.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan