Bola & Sports
·
29 April 2021 12:23

Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (286504)
searchPerbesar
Shin Tae-yong saat melatih Timnas U-19 Indonesia di Kroasia. Foto: Dok. PSSI
Pelatih Shin Tae-yong mulai membangun kekuatan Timnas Indonesia senior jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab (UEA). Pelatih asal Korea Selatan itu memberi ruang lebih kepada para pemain muda, termasuk di sektor sayap (winger).
ADVERTISEMENT
Beberapa winger yang dipanggil Shin Tae-yong kali ini ada yang bertipe pelari kilat. Maksudnya, itu adalah para pemain yang memiliki lari cepat dan skill menggiring bola yang mumpuni.
Sebagian dari mereka adalah nama lama yang sebelumnya pernah membela Timnas Indonesia. Sebagian yang lain adalah calon debutan di skuad 'Tim Garuda'.
Siapa saja mereka? Nah, berikut ini kumparanBOLA sajikan 5 winger Timnas Indonesia pilihan Shin Tae-yong yang bertipe pelari kilat.

Osvaldo Haay

Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (286505)
searchPerbesar
Selebrasi gol Osvaldo Haay pada laga Persija vs Bhayangkara FC. Foto: Dok. Twitter/@persija_jkt
Nama pertama adalah Osvaldo Haay. Sebagai winger kiri, pemain 22 tahun ini punya atribut yang cukup lengkap. Ia bisa berlari cepat, jago mendribel bola, serta finishing yang akurat.
Di Piala Menpora, Osvaldo selalu dimainkan Persija Jakarta sejak menit awal. Ia punya koleksi tiga gol serta satu assist. Pemain asal Jayapura ini adalah salah satu aktor penting 'Macan Kemayoran', sehingga bisa menjuarai turnamen pramusim itu.
ADVERTISEMENT

Altalariq Ballah

Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (286506)
searchPerbesar
Altalariq Ballah saat membela Persita Tangerang. Foto: Dok Persita Tangerang
Altalariq Ballah menyorot perhatian saat ia masuk dalam daftar pemain pilihan Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia kali ini. Putra Anthony Ballah ini adalah wonderkid yang kini memperkuat Persita Tangerang.
Altalariq tiga kali bermain untuk Persita di Piala Menpora. Walau tak sempat mencetak gol, jebolan Persib ini menunjukkan performa apik di pos sayap kiri. Kecepatan dan kemampuan dribel bola pemain 22 tahun ini cukup menonjol.

Yakob Sayuri

Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (286507)
searchPerbesar
Selebrasi pemain PSM Makassar Yakob Sayuri usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pertandingan babak penyisihan Grup B Piala Menpora, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/3). Foto: Ari Bowo Sucipto/ANTARA FOTO
Yakob Sayuri merupakan salah satu pemain muda yang mencuri perhatian di Piala Menpora. Ia biasa bermain di sektor sayap kanan.
Yakob selalu menjadi andalan PSM dalam tujuh pertandingan Piala Menpora. Ia punya koleksi tiga gol dan tiga assist. Seperti pemain asal Papua lainnya, pemain 23 tahun ini punya kelebihan dalam hal kecepatan.
ADVERTISEMENT

Irfan Jauhari

Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (286508)
searchPerbesar
Pemain Timnas U-19, Irfan Jauhari. Foto: Instagram/Irfan Jauhari
Irfan Jauhari akhirnya naik kelas ke timnas senior. Sebelumnya, ia selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas U-19 tatkala 'Garuda Muda' menjalani pemusatan latihan di Kroasia.
Irfan sebelumnya biasa ditempatkan di sayap kanan Bali United. Namun, ia tak diturunkan di Piala Menpora karena masih cedera. Terkini, pemain 20 tahun itu baru saja direkrut Persis Solo.

Witan Sulaeman

Ini 5 Pelari Kilat Pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (286509)
searchPerbesar
Selebrasi gol Witan Sulaeman di AFC U-19 Championship Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Witan Sulaeman menjadi motor serangan Timnas U-19 dalam pemusatan latihan di Kroasia tahun lalu. Ia bisa bermain di sayap kanan, maupun menjadi gelandang di lini tengah.
Witan punya skill olah bola di atas rata-rata. Ia adalah tipikal pemain cerdas yang mampu tampil efektif.
Di Kroasia, Witan sukses menjadi top skor Timnas U-19. Saat ini, Witan aktif merumput di Liga Serbia bersama Radnik Surdulica.
ADVERTISEMENT
Dari kelima penyerang sayap yang dipanggil Shin, kami menilai pos pemain inti akan diperebutkan sengit oleh Osvaldo, Yakob, Irfan, dan Witan. Menilik skill dan jam terbangnya, rasanya masih berat bagi Altalariq Ballah untuk mengungguli keempat pemain tersebut.
---