kumparan
13 Mei 2019 23:25

Jadwal Timnas Indonesia: Tandang ke Yordania, lalu Jamu Vanuatu

Pelatih timnas senior Indonesia Simon McMenemy (tengah) menyampaikan arahan kepada para pesepak bola timnas senior Indonesia dalam sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Timnas Indonesia menatap Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam rangka menyiapkan diri, awak 'Garuda' akan menjalani pemusatan latihan plus uji tanding selepas Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Yang menarik adalah agenda uji tanding. Dikatakan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, pasukan Simon McMenemy bakal menjalani dua pertandingan kandang dan tandang.
"Timnas Indonesia main dua kali, satu away satu home. Satu kami pilih away, bertandang ke Yordania tanggal 11 Juni. Lalu, kami main home di sini, melawan Vanuatu tanggal 15 Juni," ujar Ratu Tisha kepada pewarta berita, Senin (13/5/2019) malam WIB.
"Jadi timnas akan berkumpul tanggal 28 Mei untuk mulai pemusatan latihan. Begitu juga Timnas U-23 akan berkumpul pada 28 Mei dan akan tampil di Merlion Cup, Singapura.
"Kami harus bersiap dengan skema home dan away karena nanti Kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia 'kan home and away. Kami harus membiasakan travel dan tetap bugar. Itu yang buat kami pertimbangkan laga home dan away," ucap Tisha.
ADVERTISEMENT
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria saat Press Conference launching Shopee Liga 1 tahun 2019. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Selain itu, Tisha juga menjelaskan alasan pemilihan Yordania sebagai lawan uji tanding. Yordania dianggap menjadi lawan kompetitif karena masuk 100 besar peringkat FIFA. Adapun, Indonesia cuma menduduki kursi ke-159.
Dengan menghadapi lawan yang lebih baik secara peringkat, Timnas Indonesia juga diharapkan bisa mendongkrak posisi. Karena poin melawan Yordania pasti lebih besar dibandingkan jika Indonesia sekadar melawan tim-tim yang setara secara peringkat.
"Yang satu strategi dalam hal peringkat, ya. kami sudah melewati target pertama, yaitu tidak melewati pra-kualifikasi dari ronde pertama, melainkan dari ronde kedua. Kami tetap harus hati-hati dengan peringkat, jadi mencoba jajal lawan yang lebih tinggi di kandang mereka," ucap Tisha.
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dan Sekjen PSSI Ratu Tisha menggelar Konferensi Pers di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (24/1). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Sebelum ini, Evan Dimas dan kawan-kawan sudah melakukan pemusatan latihan di Perth Australia. Bersama Simon McMenemy selaku pelatih anyar, mereka juga mendapat hasil yang memuaskan di uji tanding Maret lalu.
ADVERTISEMENT
Ketika itu, Timnas Indonesia mampu menang dengan skor 2-0 atas tuan rumah Myanmar. Gol-gol Indonesia dihasilkan oleh Greg Nwokolo dan Ilija Spasojevic.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan