kumparan
20 November 2019 5:32

Jerman, Belanda dan Belgia Berpesta di Laga Pemungkas Pra-Piala Eropa

[PORTRAIT] Timnas Jerman
Para pemain Jerman merayakan kemenangan atas Irlandia Utara. Foto: REUTERS/Ralph Orlowski
Timnas Jerman, Timnas Belanda, dan Timnas Belgia menutup perjalanannya di babak kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan sensasional. Ketiga negara ini membikin lebih dari tiga gol dalam laga yang digelar pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Jerman menjamu Timnas Irlandia Utara di Commerzbank-Arena dan mulanya tim tamu memberikan kejutan dengan gol tendangan jarak jauh Michael Smith pada menit ke-7. Namun, seiring waktu, perbedaan kelas kedua tim makin terlihat.
Tercatat, Jerman telah membikin 11 tembakan tepat sasaran selama 90 menit, dan Irlandia Utara hanya bikin 1. Konversi peluang menjadi gol tak menjadi masalah bagi Jerman, karena mereka mampu mempecundangi Jonny Evans cs. 6-1.
Gol balasan Jerman sendiri muncul dari sepakan keras Serge Gnabry pada menit ke-19. Setelahnya, Gnabry mencetak dua gol lainnya dan Leon Goretzka membikin brace. Pada menit akhir, Julian Brandt juga mencatatkan namanya di papan skor.
Timnas Belanda, Wijnaldum
Georginio Wijlandum mencetak hattrick ke gawaang Timnas Estonia. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Sementara itu Belanda menghadapi Timnas Estonia di Johan Cruyff ArenA. Tak seperti laga yang dijalani Jerman, tidak ada kejutan dari tim lawan untuk Belanda pada awal laga. Alih-alih, Belanda terus saja mendominasi selama 90 menit.
ADVERTISEMENT
Pada pertandingan ini, Georginio Wijnaldum menciptakan hattrick dan menegaskan dirinya sebagai pemain kedua tersubur di Belanda era Ronald Koeman. Oh, ya, Nathan Ake dan Myron Boadu juga menyumbangkan satu gol.
Pertandingan ini pada akhirnya berakhir dengan kemenangan absolut 5-0 untuk skuat berjuluk Oranje itu.
Belgia vs Siprus
Para pemain Belgia merayakan gol Kevin de Bruyne ke gawang Timnas Siprus. Foto: REUTERS/Francois Lenoir
Terakhir, Belgia menghadapi Timnas Siprus di Stadion Raja Baudouin. Meski tak menurunkan skuat terbaiknya, tapi pasukan Roberto Martinez ini masih terlalu kuat untuk lawannya. Kemenangan 6-1 untuk Belgia pun terjadi.
Mulanya, Siprus mampu membikin kejutan dengan gol Nicholas Ioannu pada menit ke-14. Akan tetapi, setelah Christian Benteke bikin gol balasan dua menit berselang, bungkam sudah tim tamu.
Kevin De Bruyne membikin brace dan Yannick Carrasco membikin satu gol pada babak pertama. Lalu Kypros Christonforous mencetak gol bunuh diri pada menit ke-51 dan Benteke mencetak gol terakhirnya di laga ini pada menit ke-67.
ADVERTISEMENT