kumparan
12 Juni 2019 3:53

Jerman Hantam Estonia 8-0, Italia Menang Tipis atas Bosnia

Timnas Jerman
Para pemain Jerman merayakan gol yang dicetak Gnabry ke gawang Estonia. Foto: REUTERS/Ralph Orlowski
Jerman tampil begitu superior saat menghadapi Estonia pada kualifikasi Piala Eropa 2020 di Opel Arena, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB. Skuat besutan Joachim Lowe ini sukses merengkuh kemenangan dengan skor telak 8-0.
ADVERTISEMENT
Atas hasil ini, Jerman artinya belum terkalahkan dalam tiga pertandingan di fase kualifikasi. Meski begitu, Die Mannschaft berada di posisi dua klasemen Grup C. Mereka terpaut satu angka dari Irlandia yang punya keunggulan satu laga.
***
Tampil dengan mayoritas pemain kunci macam Marco Reus, Ilkay Guendongan, Leroy Sane, Serge Gnabry, hingga Joshua Kimmich, dominasi Jerman sudah terlihat sejak babak pertama. Tercatat, mereka menguasai bola 79% dengan melepas 12 percobaan yang 9 di antaranya tepat sasaran.
Begitu efektif pula serangan Jerman sepanjang paruh pertama karena lima dari shot on target tersebut berbuah menjadi gol. Torehan pertama diciptakan oleh Reus di menit ke-10 setelah menerima umpan Thilo Kehrer. Tujuh menit berselang, giliran Gnabry mencetak gol usai meneruskan operan Sane.
ADVERTISEMENT
Dominasi Jerman menyoal penguasaan bola dan lancarnya aliran operan bikin gol ketiga lahir di menit 20. Setelah melakukan kerja sama apik dengan Kimmich, nama Leon Goretzka terpampang di papan skor.
Timnas Jerman
Para pemain Jerman berbahagia usai mengalahkan Estonia. Foto: REUTERS/Ralph Orlowski
Goretzka juga punya andil atas lahirnya gol keempat di menit 26 via eksekusi penalti Guendogan. Wasit menunjuk titik putih lantaran Goretzka dijatuhkan Joonas Tamm di kotak terlarang. Lantas, gol kedua Reus di menit 37, memastikan Jerman unggul 5-0 saat turun minum.
Memasuki babak kedua, Jerman tetap tampil dominan. Tercatat, ada 12 tembakan yang mereka lepaskan dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Dari sekian shot on target itu, tiga gol tambahan berhasil dicetak.
Masing-masing oleh Gnabry di menit 62, pemain pengganti Timo Werner menit 79, dan Sane di menit 99. Jerman pun digdaya pada akhir laga dengan kemenangan 8-0 atas Estonia.
ADVERTISEMENT
Italia vs Bosnia
Proses terciptanya gol Edin Dzeko ke gawang Italia. Foto: REUTERS/Massimo Pinca
Verratti Selamatkan Italia dari Kekalahan
Hasil serupa didapatkan Italia. Menghadapi Bosnia di Allianz Stadium, Azzurri mampu meraih tiga poin usai menang dengan skor tipis 2-1.
Dengan modal tak terkalahkan di tiga laga sebelumnya, Italia justru kesulitan menghadapi Bosnia yang baru menang sekali. Bahkan, mereka hampir kehilangan poin karena hingga babak pertama rampung tak bisa membalas gol Edin Dzeko di menit 34.
Beruntung buat ‘Si Biru’, Lorenzo Insigne menghidupkan asa lewat gol penyama kedudukan di menit 49. Lantas, Marco Verratti menjadi pahlawan Italia lewat golnya di menit 86.
Kemenangan 2-1 ini tak cuma melanjutkan tren postif skuat Roberto Mancini, Italia juga kokoh di puncak klasemen Grup J dengan koleksi 12 poin, sementara Bosnia menempati posisi kelima dengan 4 angka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan