Bola & Sports
·
4 Juni 2020 6:04

Joshua Kimmich Dorong Semua Pesepak Bola Serukan Keadilan untuk George Floyd

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Joshua Kimmich Dorong Semua Pesepak Bola Serukan Keadilan untuk George Floyd (249004)
Joshua Kimmich. Foto: AFP/Christof STACHE
Sederetan pesepak bola turut menyerukan keadilan untuk George Floyd, pria kulit hitam yang dibunuh oleh polisi di Amerika Serikat. Joshua Kimmich adalah salah satunya. Bintang Bayern Muenchen itu bahkan mendorong semua pesepak bola untuk menyerukan hal yang sama.
ADVERTISEMENT
Dukungan terhadap Floyd dan kampanye anti-rasialisme secara keseluruhan memang terus datang dari lapangan hijau.
Beberapa pemain Bundesliga seperti Jadon Sancho, Achraf Hakimi, Weston McKennie, dan Marcus Thuram bahkan menyampaikan pesan tersebut di tengah pertandingan.
Sancho, misalnya, yang merayakan golnya ke gawang Paderborn dengan menunjukkan kaus bertuliskan ‘Justice for George Floyd’. Sementara, McKennie—gelandang Schalke 04 asal Amerika Serikat—mengenakan ban kapten bertuliskan hal serupa.
Joshua Kimmich Dorong Semua Pesepak Bola Serukan Keadilan untuk George Floyd (249005)
Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang Paderborn. Foto: Lars Baron/Pool/AFP
Buat Kimmich, apa yang dilakukan Sancho sudah semestinya dilakukan oleh semua pesepak bola. Kimmich meyakini bahwa pesepak bola punya kemampuan untuk memberikan pesan dan menjadi panutan.
“Kita semua berada di satu dunia, satu klub, satu tim. Tak peduli apakah Anda berkulit hitam atau putih. Kami, sebagai pesepak bola, seperti Sancho, memiliki kemampuan untuk memberikan pesan dan menjadi panutan,” kata Kimmich, dikutip dari The Guardian.
ADVERTISEMENT
“Apa yang kami ucapkan bisa menjadi sebuah pernyataan yang besar,” lanjut pemain berusia 25 tahun tersebut.
Kimmich juga meminta tim-tim sepak bola untuk menyerukan pesan anti-rasialisme. Pasalnya, menurut Kimmich, dunia sepak bola secara keseluruhan masih diselimuti oleh rasialisme.
Joshua Kimmich Dorong Semua Pesepak Bola Serukan Keadilan untuk George Floyd (249006)
Joshua Kimmich. Foto: AFP/Christof STACHE
Kimmich tak berlebihan. Tak sedikit pesepak bola yang mendapatkan ejekan bermuatan rasialis ketika tengah bertanding. Coba tengok apa yang menimpa Kalidou Koulibaly, Romelu Lukaku, Raheem Sterling, dan Antonio Ruediger di musim ini.
“Saya senang melihat banyak pemain yang menyerukan pesan tersebut. Namun, mungkin, ini juga bisa dilakukan oleh satu tim.”
“Sepak bola adalah contoh bagaimana sesuatu seperti rasialisme hidup,” lanjut Joshua Kimmich.
Beberapa tim sepak bola sebenarnya sudah menyerukan keadilan terhadap George Floyd dan menyuarakan dukungan terhadap kampanye ‘Black Lives Matter’—kampanye anti-rasialisme. Liverpool, Chelsea, hingga AS Roma menjadi contohnya.
ADVERTISEMENT
Kimmich pun menyatakan bahwa Bayern akan melakukan hal serupa. Menurut Kimmich, ia dan rekan-rekan setimnya sudah mendiskusikan cara untuk menyampaikan pesan mereka.
“Kami sudah mendiskusikan itu dan kami merasa kami bisa melakukan sesuatu. Kami harus melakukan sesuatu karena kami tak bisa membiarkan sesuatu seperti rasialisme memiliki ruang untuk muncul,” pungkas Joshua Kimmich.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.