kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juni 2020 7:55

Juergen Klopp: Liverpool Ogah Boros di Bursa Transfer, Kami Harus Kreatif

Konten Redaksi kumparan
Juergen Klopp (PTR)
Juergen Klopp, pelatih Liverpool. Foto: Reuters/Andrew Couldridge
Terkait rencana aktivitas Liverpool di bursa transfer mendatang, Juergen Klopp mengeluarkan sabdanya. Inti sarinya, kecil kemungkinan bagi The Reds membeli pemain baru, apalagi yang berstatus bintang, dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Sebabnya jelas, pandemi COVID-19 yang berimpak besar terhadap finansial klub. Pelatih asal Jerman itu meyakini, klub-klub lain pun senasib. Jadi, jangan heran, kalau bursa transfer mendatang bakal sepi-sepi aja.
Walau akan tetap memantau situasi di bursa transfer nanti, Klopp tampak menunjukkan optimismenya terhadap skuat Liverpool yang ada sekarang. Apa katanya?
"Ini bukan skuat yang harus kau rombak segera. Kami tak punya starting XI [yang saklek], ada 16-17 pemain [berbeda] yang [berkesempatan] menjadi starter, mereka semua bisa bermain di level yang sama. Kami harus 100 persen memaksimalkan mereka," katanya, dilansir Sky Sports.
Juergen Klopp
Juergen Klopp. Foto: REUTERS / Phil Noble / Pool
"Kami tidak bisa menghabiskan berjuta-juta [poundsterling] hanya karena kami ingin begitu atau kami pikir itu baik untuk dilakukan. Kami tidak pernah menginginkan itu," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Eks pelatih Borussia Dortmund itu tak menafikan fakta bahwa skuatnya harus semakin diperkuat. Namun, ayolah, jalan keluarnya tak harus selalu dengan cara menghamburkan uang untuk membeli pemain baru.
"Masalahnya, bagaimana caranya meningkatkan skuat yang sudah kuat ini di bursa transfer? Tentu pakai uang, jelas, itu bisa. Namun, itu tak pernah berhasil hanya dengan uang," jelas Klopp.
Jika kalian tak percaya dengan Klopp, kami akan beri bukti bahwa sekadar menghamburkan uang untuk membeli pemain tak selinear dengan prestasi. Aston Villa adalah tim paling boros di Inggris sepanjang musim 2019/20, bahkan terboros kedua se-Eropa.
Leicester vs Villa
Para pemain Aston Villa merayakan gol ke gawang Leicester. Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine
The Villans menghabiskan cuan sebesar 172 juta euro (145 juta poundsterling) dalam dua bursa transfer (musim panas dan dingin) musim ini. Namun apa hasilnya? Hingga pekan ke-32, mereka masih terdampar di urutan 19 Premier League.
Jadi, kata siapa asal ada uang semuanya bisa selalu beres? Harus ada perencanaan yang matang dan genius. Chelsea dan Manchester City juga tak asal buang duit itu.
ADVERTISEMENT
Dalam situasi pandemi ini, solusi lain dari memperkuat tim adalah dengan memaksimalkan pemain yang sudah ada. Klopp optimistis akan hal itu.
"Kami berusaha untuk kreatif. Kami mencoba untuk mencari solusi secara internal dan masih banyak yang bisa dilakukan. Kami punya tiga atau empat pemain yang dapat membuat langkah besar," terang Klopp.
Sayangnya, Klopp enggak bilang pemain itu siapa saja. Akan tetapi, memang ada empat pemain yang layak dinanti kiprahnya pada musim baru. Menurut kami, mereka adalah Takumi Minamino, Harvey Elliott, Curtis Jones, hingga Neco Williams.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.