kumparan
24 September 2019 2:01

Juergen Klopp Segel Gelar Pelatih Terbaik FIFA 2019

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Foto: Reuters/John Sibley
"Kata Virgil [Van Dijk] saya harus memakai tuksedo, jadi saya berusaha menemukan tuksedo yang tepat!" seperti itu reaksi pertama Juergen Klopp soal malam penganugerahan Best FIFA Award 2019.
ADVERTISEMENT
Klopp tidak seperti pelatih kebanyakan yang suka mengenakan jas ketika mendampingi timnya bertanding. Tracksuit selalu menjadi kostum andalannya. Tak pelak jika ia lumayan kerepotan mempersiapkan diri sebelum menjejak ke Teatro alla Scala, Milan.
Namun, ribet-ribet mencari tuksedo tidak sia-sia. Pada Selasa (24/9/2019), Klopp terpilih sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2019.
Musim 2018/19 adalah penanda penting bagi perjalanan karier Klopp sebagai pelatih. Liverpool diantarnya menjadi juara Liga Champions 2018/19.
Pencapaiannya di Premier League 2018/19 antiklimaks, sih. Liverpool menutup kompetisi 'hanya' sebagai runner up. Namun, ada baiknya kita tidak jadi perusak pesta Klopp hari ini. Toh, perjalanan Liverpool di Premier League musim lalu tetap elegan.
Racikan taktik Klopp membawa Liverpool meraup 97 poin. Tak cuma itu. Tangan dingin Klopp juga berhasil membentuk Liverpool sebagai tim yang seimbang.
ADVERTISEMENT
Liverpool tak cuma beringas saat menyerang, tetapi juga tangguh ketika bertahan. Mencetak 89 gol, tetapi hanya kebobolan 22 gol di Premier League 2018/19 itu adalah buktinya.