kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juli 2020 10:39

Juventus Dominan Banget, Muncul Wacana Play-off Perebutan Juara Liga Italia

Konten Redaksi kumparan
Juventus Dominan Banget, Muncul Wacana Play-off Perebutan Juara Liga Italia (209970)
Juventus vs Sampdoria. Foto: Massimo Pinca/Reuters
Sembilan gelar beruntun Liga Italia yang diraih Juventus tampaknya membuat gusar sejumlah pihak. Kini, muncul wacana untuk melakukan play-off guna memperebutkan gelar juara alias scudetto.
ADVERTISEMENT
Juventus menyegel gelar juara musim ini dengan kompetisi masih menyisakan dua laga. La Vecchia Signora berhasil menyisihkan pesaing terdekatnya seperti Inter Milan, Atalanta, dan Lazio.
Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis mengaku tengah bekerja dengan Persatuan Sepak Bola Italia (FIGC) untuk merumuskan play-off scudetto tersebut. Wacana itu, lanjutnya, sudah sempat mengemuka pada tahun ini sebelum Liga Italia kembali bergulir usai vakum akibat pandemi virus corona.
“(Play-off) Ini diciptakan untuk menghentikan scudetto terus-menerus, karena juara dalam sembilan tahun beruntun seperti hukuman. Inilah saatnya untuk menghindarkan tim yang sama selalu menang (juara),” ujar De Laurentiis seperti dikutip Arena Napoli.
Juventus Dominan Banget, Muncul Wacana Play-off Perebutan Juara Liga Italia (209971)
Aurelio De Laurentiis dalam sebuah gala di Roma. Foto: Carlo Hermann/AFP
Wacana itu muncul juga tak lain untuk lebih meningkatkan persaingan di antara tim Serie A. Pasalnya, sejauh ini, Juventus tampak nyaris tak tersentuh tim-tim lainnya.
ADVERTISEMENT
Nantinya, empat klub teratas pada akhir musim, akan kembali diadu melalui sistem play-off atau mini turnamen. Pemenang play-off berhak menjadi juara pada musim itu.
Juventus Dominan Banget, Muncul Wacana Play-off Perebutan Juara Liga Italia (209972)
Suporter Juventus merayakan kemenangan liga Serie A pada tahun lalu di Turin, Italia. Foto: REUTERS
Di liga-liga Eropa, belum ada negara yang menggunakan sistem play-off untuk penentuan gelar juara. Wacana ini dinilai bakal membuat Serie A berlangsung sengit hingga akhir musim, tetapi di sisi lain banyak menimbulkan kontroversi.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white