kumparan
search-gray
Bola & Sports25 Juni 2019 16:52

Kala Luis Suarez Membadut

Konten Redaksi kumparan
Kala Luis Suarez Membadut (60061)
Luis Suarez saat membela Timnas Uruguay. Foto: REUTERS/Pilar Olivares
Luis Suarez memang gagal mencetak gol saat Timnas Uruguay meraih kemenangan tipis 1-0 atas Timnas Cile di Stadion Maracana, Selasa (25/6/2019) pagi WIB. Jangankan gol, Suarez bahkan kesulitan untuk menembus area pertahanan lawan sepanjang laga pemungkas babak grup Copa America 2019 tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, striker kelahiran Salto ini masih punya cara lain untuk mencuri perhatian. Silakan tengok apa yang terjadi pada menit ke-22.
Saat itu Suarez berada di kotak penalti dan eks striker Liverpool itu melancarkan tembakan yang pada akhirnya mengenai tangan kiri Gabriel Arias. Bola keluar area pertandingan, sementara dengan gesture tangannya Suarez meminta penalti kepada wasit.
Lantas, di mana letak keanehannya? Arias adalah seorang kiper, dan itu artinya dia boleh menggunakan tangan di kotak penaltinya sendiri. Sadar betapa konyol tindakan Suarez, Giorgian de Arrascaeta dan Martin Caceres -- yang saat itu juga berada di kotak penalti -- menatapnya dengan keheranan.
Kejadian yang tak kalah konyolnya terjadi 10 menit kemudian, kala pertandingan terhenti sejenak akibat adegan kejar-kejaran pitch invader dengan atribut Uruguay dan petugas keamanan. Sang pitch invader kemudian berlari ke kotak penalti dan gelandang bertahan Cile, Erick Pulgar, berhasil menghentikannya dengan kaki kanannya.
ADVERTISEMENT
Nah, saat petugas keamanan tengah meringkus si pembuat onar itu, Suarez malah berlari ke wasit dan meminta hadiah penalti untuk Uruguay. Dasarnya, ya, tindakan Pulgar yang menjegal pitch invader tadi. Kembali reaksi 'tepuk jidat' ditunjukkan rekan-rekan Suarez saat momen ini terjadi.
Soal tindakan konyol, Suarez memang jagonya. Sebelumnya, sudah ada dua tindakannya yang mencuri perhatian. Pertama, saat Suarez menggunakan tangan untuk mencegah Uruguay kebobolan di kotak penalti saat melawan Timnas Ghana di Piala Dunia 2010. Kedua, momennya menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014.
Untuk yang kejadian yang kedua, coba simak lagi secara seksama. Usai menggigit Chiellini, Suarez malah terjatuh dengan kondisi memegang giginya. Kemudian penyerang yang kini berusia 32 tahun ini mengerang kesakitan seolah-olah telah menjadi korban.
ADVERTISEMENT
Video
Wasit pada akhirnya tahu bahwa Suarez tengah mengada-ada. Alhasil, ia pun mendapatkan hukuman --dan hukumannya tidak tanggung-tanggung: Dilarang tampil selama empat bulan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white