kumparan
search-gray
Bola & Sports16 November 2018 4:59

Kalahkan AS, Inggris Akhiri Laga Perpisahan Rooney dengan Manis

Konten Redaksi kumparan
Wayne Rooney
Wayne Rooney merayakan gol Callum Wilson ke gawang Amerika Serikat. (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Laga perpisahan Wayne Rooney bersama Tim Nasional Inggris berakhir dengan hasil menyenangkan. Menghadapi Amerika Serikat (AS) pada uji tanding di Wembley Stadium, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB, Inggris menang dengan skor 3-0.
ADVERTISEMENT
Tapi, tak ada nama Rooney di papan skor. Adalah Jesse Lingard (25'), Trent Alexander-Arnold (27'), dan Callum Wilson (77'), yang menjadi sosok pencetak gol buat skuat The Three Lions.
Seperti janjinya, Gareth Southgate yang membalut Inggris dengan pakem 4-3-3, lebih banyak menurunkan pemain muda sebagai starter seperti Jesse Lingard, Jordan Sancho, dan Callum Wilson di lini serang. Untuk menopang lini tengah, Fabian Delph ditemani oleh Harry Winks dan Dele Alli.
Sementara itu, Dave Sarachan menggunakan format 4-2-3-1 di kubu AS. Bobby Wood ditunjuk sebagai ujung tombak, sedangkan Timothy Weah dan Christian Pulisic menyisir sektor sayap. Disusul Weston McKennie, Wil Trapp, dan Julian Green bertugas menjaga lini kedua.
Dengan susunan pemain seperti ini, Inggris mengambil inisiatif penguasaan bola sejak awal babak pertama. Peluang pun langsung didapatkan pada menit kelima via sundulan Alli usai memanfaatkan sepak pojok, tetapi upayanya masih membentur mistar gawang.
ADVERTISEMENT
Wayne Rooney
Wayne Rooney di laga Inggris vs Amerika Serikat. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Pertahanan AS terus dibuat kewalahan oleh Inggris lewat kecepatan Sancho, Lingard, dan Alli. Di menit 12, Lingard melepas sepakan mengarah gawang di sisi kanan usai menerima umpan terobosan, tapi percobaannya bisa ditepis Brad Guzan. Begitu pun peluang Winks delapan menit berselang yang juga kandas.
Serangan Inggris akhirnya membuahkan hasil di menit 25 setelah sepakan melengkung Lingard tak bisa dijangkau Guzan. Terbukanya keran gol membikin Inggris lebih nyaman dalam menyerang. Dua menit berselang, Inggris menambah keunggulan menjadi 2-0 via gol Trent Alexander-Arnold usai meneruskan operan Sancho.
AS bukan tanpa perlawanan. Melalui serangan balik, dua percobaan mengarah gawang bisa dilepaskan. Pertama di menit 24 melalui Pulisic, kemudian Weston McKennie menit 36. Tapi, penampilan apik Jordan Pickford di bawah mistar Inggris menggagalkan dua upaya AS itu.
ADVERTISEMENT
Timnas Inggris
Para pemain Timnas Inggris merayakan gol Jesse Lingard. (Foto: REUTERS/Darren Staples)
Babak kedua berjalan dalam tempo lebih cepat setelah AS mulai bermain lebih terbuka. Dalam lima menit pertama, total Amerika dan Inggris melepas empat percobaan, kendati tak ada satu pun yang mengarah ke gawang.
Di tengah keseruan laga, Southgate akhirnya memasukkan Wayne Rooney di menit 57 untuk menggantikan Lingard. Selain Rooney, Southgate juga memainkan Eric Dier dan Jordan Henderson. Namun, kehadiran tiga pemain ini belum banyak memberi perubahan. Justru AS mendapat peluang via sundulan Wood di ment 65.
Masuknya Ruben Loftus-Cheek di sisa 20 menit laga membuat serangan Inggris menjadi lebih hidup dan Rooney akhirnya melepas sebuah percobaan di menit 70, meski bisa ditangkap Guzan. Kendati begitu, Inggris berhasil menambah keunggulan di menit 77 via sontekan Wilson usai meneruskan umpan silang Delph.
ADVERTISEMENT
AS terus berupaya untuk mencetak gol balasan, tetapi sepakan dari Kellyn Acosta, Wood, hingga Pulisic tak ada yang mengarah gawang. Alhasil, keunggulan tiga gol Inggris bertahan hingga akhir pertandingan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white