Bola & Sports
·
7 Januari 2019 4:46

Kalahkan Getafe, Barcelona Perlebar Jarak dengan Atletico Madrid

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kalahkan Getafe, Barcelona Perlebar Jarak dengan Atletico Madrid (89356)
Luis Suarez sehabis mencetak gol kedua Barcelona. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)
Barcelona mengawali tahun 2019 dengan raihan positif. Menjalani pertandingan pekan ke-18 La Liga menghadapi Getafe, Senin (7/1/2019) dini hari WIB, anak asuh Ernesto Valverde ini menang dengan skor tipis 2-1.
ADVERTISEMENT
Tampil di Coliseum Alfonso Perez yang merupakan markas lawan, Barcelona berhasil unggul dua gol lebih dulu melalui Lionel Messi pada menit ke-20 dan Luis Suarez 19 menit kemudian. Tim tuan rumah hanya bisa membalas melalui kaki Jaime Mata saat paruh pertama menyisakan dua menit.
Berkat kemenangan ini, Barcelona mengokohkan diri di puncak klasemen dan melebarkan jarak atas Atletico Madrid di posisi kedua menjadi lima angka. Ini tak lepas dari hasil imbang yang dialami Atletico saat menghadapi Sevilla beberapa jam sebelumnya. Sementara itu, Getafe tertahan di posisi ketujuh dengan 25 angka.
Menimbang kegagalan Atletico meraup tripoin, Valverde pun menurunkan materi terbaik demi menjauhkan diri dari lawan. Dibalut pola 4-3-3, Barcelona memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele di depan. Untuk sektor tengah, Barcelona mempercayainya kepada Arturo Vidal, Ivan Rakitic, dan Arthur Melo.
ADVERTISEMENT
Begitu pula Getafe yang menurunkan komposisi terbaik. Formasi 4-4-2 dimainkan oleh Jose Bordalas di laga ini dengan menduetkan Jaime Mata dan Angel Rodriguez di depan.
Barcelona yang diunggulkan untuk menang mendapatkan tekanan di menit-menit awal. Pressing tinggi yang diterapkan oleh Getafe membuat Barcelona kesulitan mengembangkan permainan. Malah, Getafe berhasil mencetak gol lebih dulu melalui Jaime Mata. Untung, gol itu dianulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran kepada Jordi Alba.
Kemudian, Barcelona coba bangkit dari tekanan Getafe lewat kombinasi serangan di sisi lapangan. Hasilnya di menit ke-20 gol tercipta melalui kaki Lionel Messi. La Pulga mendapatkan bola liar sebelum mengelabui David Soria serta memasukkan bola ke dalam gawang.
Barcelona semakin di atas angin usai membuka keunggulan. Peluang demi peluang didapatkan melalui Gerard Pique dan Luis Suarez, namun tak ada yang berbuah gol. Baru pada menit ke-39, gol tercipta untuk Barcelona. Tendangan bebas Messi yang berhasil dihalau oleh bek Getafe bola kemudian jatuh ke Suarez. Dengan tendangan voli, Suarez berhasil mencetak gol untuk membawa Barcelona unggul 2-0.
ADVERTISEMENT
Ternyata, gol Suarez bukan menjadi yang terakhir di babak pertama. Getafe akhirnya bisa memperkecil kedudukan di menit ke-43. Sodoran Angel Rodriguez berhasil diteruskan oleh Mata yang berdiri bebas. Ter Stegen yang sudah mati langkah gagal mengahalau bola. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga babak pertama selesai.
Di babak kedua, Getafe coba kembali memberi tekanan kepada Barcelona. Beberapa peluang didapat tuan rumah salah satunya melalui sundulan Leandro Cabrera. Beruntung buat Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen masih bisa menepis bola dengan apik.
Kemudian Mata juga memiliki peluang di menit ke-67. Sudah berhasil melewati Ter Stegen, tendangan pemain bernomor punggung tujuh itu masih melambung di atas gawang.
Barcelona bukannya tanpa peluang di babak kedua. Messi memiliki peluang melalui tendangan jarak jauhnya, tetapi David Soria masih bisa mengamankan gawangnya. Tak ada gol tambahan sepanjang paruh kedua sehingga Barcelona berhak pulang dengan tiga angka.
ADVERTISEMENT