Bola & Sports
·
21 November 2020 15:01

Kemenpora Usulkan Nama Lapangan ABC Senayan Diubah Jadi Lapangan Ricky Yacobi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kemenpora Usulkan Nama Lapangan ABC Senayan Diubah Jadi Lapangan Ricky Yacobi (37788)
Ricky Yacobi. Foto: Instagram/@rijacobi
Ricky Yacobi telah berpulang. Legenda Timnas Indonesia itu sempat pingsan di Lapangan A, Senayan, Jakarta Pusat, saat bermain sepak bola pada Sabtu (21/11) pagi.
ADVERTISEMENT
Mantan pemain PSMS Medan dan Arseto Solo itu sempat mencetak gol dan melakukan selebrasi sebelum tiba-tiba terjatuh di lapangan. Rekan-rekannya sempat mencoba memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo.
Setelah sempat mendapatkan perawatan, Ricky akhirnya mengembuskan napas terakhirnya di RS tersebut. Jenazahnya kemudian dibawa ke rumah duka di Pondok Ranji, Bintaro, Tangerang Selatan dan akan dimakamkan di Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Kepergian Ricky untuk selamanya itu meninggalkan bekas mendalam bagi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto. Pasalnya, Ricky sempat masuk ke dalam anggota Tim 9 Kemenpora untuk mengakhiri kisruh sepak bola nasional pada 2015 silam.
Tak hanya itu, jasa Ricky untuk sepak bola Indonesia juga tidak kecil. Bersama skuat 'Garuda', ia mempersembahkan medali emas SEA Games 1987, sementara usai pensiun ia mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) di kawasan Senayan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengenang jasa-jasanya, Kemenpora pun akan mengusulkan nama Lapangan ABC, Senayan, untuk diganti menjadi Lapangan Ricky Yacobi.
Kemenpora Usulkan Nama Lapangan ABC Senayan Diubah Jadi Lapangan Ricky Yacobi (37789)
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto. Foto: Jafrianto/kumparan
"Sebagai penghormatan terakhir kita kepada sang pahlawan sepak bola Indonesia yang meninggal di saat sedang bertanding, kami akan mengusulkan pergantian nama Lapangan ABC menjadi Lapangan Ricky Yacobi ke PPK-GBK (Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno) dan Setneg (Kementerian Sekretariat Negara)," ujar Gatot ketika dihubungi kumparan, Sabtu (21/11).
Lapangan ABC yang terletak di komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, saat ini berada di bawah kepemilikan Setneg dengan PPK-GBK sebagai pengelolanya. Lapangan ABC juga biasa digunakan untuk latihan Timnas Indonesia.