kumparan
11 Juli 2019 18:22

Laurent Koscielny Ogah Ikut Tur Pramusim, Arsenal Kecewa

Laurent Koscielny
Koscielny tertunduk setelah Arsenal kalah dari Chelsea di final Liga Europa 2018/2019. Foto: OZAN KOSE / AFP
Arsenal diterpa masalah yang cukup pelik dalam persiapan mereka menghadapi musim baru. Bek tengah sekaligus kapten mereka, Laurent Koscielny, menolak untuk ikut tur pramusim tim ke Amerika Serikat (AS).
ADVERTISEMENT
Kabar ini disampaikan langsung oleh Arsenal lewat situsweb resmi mereka. Arsenal juga menyampaikan kekecewaan mereka atas aksi Koscielny ini. Namun, ‘Meriam London’ enggan membeberkan lebih lanjut perihal ini, seperti aksi apa yang akan mereka ambil dan sebagainya.
“Laurent Koscielny menolak untuk pergi ke AS untuk tur pramusim kami. Kami sangat kecewa atas aksinya, yang jelas-jelas melanggar instruksi kami. Kami berharap dapat menyelesaikan masalah ini secepat mungkin. Saat ini, kami tak akan memberikan komentar lebih banyak,” berikut pernyataan yang ditulis Arsenal.
Tingkah laku Koscielny ini bisa dibilang sangat mengejutkan. Selain karena Koscielny adalah kapten tim, pria berusia 33 tahun ini juga bisa dibilang tak banyak ulah. Nyaris tak ada berita miring yang bermuatan namanya.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, menurut laporan The Guardian, Koscielny telah meminta Arsenal untuk memutus kontraknya agar ia dapat bergabung bersama klub lain. Kontrak pemain asal Prancis ini masih tersisa hingga akhir 2019/2020.
Laurent Koscielny
Koscielny cedera tendon achilles. Foto: Reuters/Juan Medina
Dari situ, mangkirnya Koscielny diduga merupakan protes yang disampaikan sang pemain kepada Arsenal. Koscielny sendiri, per laporan BBC, diminati oleh Bordeaux. Klub asal Ligue 1 Prancis itu dikabarkan sudah menawari Koscielny kontrak selama tiga tahun.
Di satu sisi, keengganan Arsenal untuk melepas Koscielny bisa dimengerti. Sekali lagi, ia adalah kapten klub. Selain itu, situasi bek tengah Arsenal juga tidak baik dalam semua aspek, entah itu kedalaman ataupun kualitas.
Tanpa Koscielny, Arsenal memang masih memiliki lima bek dalam diri Sokratis Papastathopoulos, Shkodran Mustafi, Calum Chambers, Rob Holding, dan Konstantinos Mavropanos. Namun, Holding saat ini masih berkutat dengan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).
ADVERTISEMENT
Mavropanos yang baru berusia 21 tahun mungkin tak masuk ke dalam rencana Unai Emery. Begitu juga Chambers, yang dalam dua musim terakhir dipinjamkan ke klub lain. Sementara, Mustafi merupakan raja blunder Arsenal. Jurnalis BBC, David Ornstein, pernah mewartakan bahwa Arsenal mencoba untuk menjual bek asal Jerman itu di tiap bursa transfer.
Dari situ, Arsenal hanya memiliki Sokratis yang sekiranya dapat diandalkan. Memang, The Gunners dikabarkan akan segera mendapatkan bek tengah muda asal Prancis, William Saliba. Namun, Saliba—yang baru berusia 18 tahun—kabarnya akan dipinjamkan kembali ke klubnya saat ini, AS Saint-Etienne.
Menyoal Koscielny, Arsenal belum mengumumkan apapun sampai saat ini. Meskipun begitu, The Guardian meyakini Arsenal akan mengambil tindakan tegas terhadap kaptennya itu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan