kumparan
5 Desember 2019 21:34

Liga 1 2020 Kick-off pada 1 Maret

Bali United Juara Liga 1
Pesepak bola Semen Padang FC Vanderlei Francisco (kanan) menyambut bola pada pertandingan pekan 30 Liga 1 2019 di Stadion GOR H Agus Salim, Senin (2/12). Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), selaku operator kompetisi, mengindikasikan bahwa Liga 1 2020 akan mulai digelar pada Maret. Putusan ini disampaikan oleh Manajer Kompetisi, Asep Saputra.
ADVERTISEMENT
"Kami sudah mulai merancang sejak beberapa bulan lalu dan untuk kick-off Liga 1 tahun depan direncanakan di awal Maret, di tanggal 1. Untuk jadwal pertandingan juga sudah disiapkan meskipun kompetisi musim ini belum selesai," ujar Asep di Kantor LIB, Kamis (5/12/2019).
Selain sudah menentukan waktu penyelenggaraan dan penyusunan jadwal, PT LIB juga masih akan berkomunikasi dengan sejumlah pihak. Beberapa di antaranya yakni PSSI, Kepolisian, serta BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) --selaku perwakilan pemerintah.
Asep menjelaskan, komunikasi yang dijalin dengan PSSI berkaitan dengan sinkronisasi jadwal Liga 1 dengan jadwal Tim Nasional. Untuk musim 2020 mendatang, Tim Nasional, mulai dari senior hingga usia 16 tahun, akan melakoni sejumlah event.
Timnas Indonesia senior masih akan menjalani empat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF. Pun juga dengan Timnas kelompok umur macam Timnas U-19 dan Timnas U-16 yang akan menjalani Piala AFF.
ADVERTISEMENT
Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta
Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak merebut bola dari pemain Bhayangkara FC dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion PTIK, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
"Selain jadwal Timnas yang main di event internasional, perlu diingat juga akan ada event semisal untuk klub yakni Kualifikasi Liga Champions Asia, Piala Asia dan bisa juga bertambah dengan Piala Indonesia," katanya.
Selain dengan PSSI, kata Asep lagi, PT LIB juga sudah mulai berkomunikasi dengan pihak kepolisian. Tujuannya, tak lain terkait perizinan menggelar pertandingan. Dalam pembicaraan awal dengan pihak kepolisian, kata Asep, PT LIB juga memberikan draft jadwal yang nantinya akan disinkronisasikan dengan jadwal perizinan kepolisian.
"Karena kami ingin jauh-jauh hari memberikan gambaran kepada kepolisian. Sebab, di pihak kepolisian itu kan mereka sudah ada jadwal, tuh, di kota A mereka mengamankan pertandingan apa, di kota B mereka jadwalnya kapan. Nah, itu yang kami komunikasikan dan ini akan berlanjut ke depannya," tutur Asep.
ADVERTISEMENT
Terakhir, PT LIB juga berkomunikasi dengan BOPI. Dengan BOPI, PT LIB lebih menitikberatkan pada kelengkapan administrasi, mulai dari transfer pemain, dokumen klub, keuangan, serta urusan legal, klub-klub Liga 1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan