kumparan
20 September 2019 3:53

Liga Europa: Gol Tunggal Greenwood Bawa United Menang atas Astana

Manchester United vs Astana
Pertandingan Liga Europa antara Manchester United dan Astana. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Manchester United perlu bersusah payah untuk mengalahkan klub asal Kazakhstan, Astana, di laga Grup L Liga Europa, Jumat (20/9/2019) dini hari WIB. Bermain di Old Trafford, United menang atas FC Astana dengan skor 1-0.
ADVERTISEMENT
Penyerang belia berusia 17 tahun, Mason Greenwood, menjadi pahlawan United di laga ini. Lewat aksi individu yang ciamik, Greenwood membobol gawang Astana di menit ke-73.
***
Ole Gunnar Solskjaer memanfaatkan laga Liga Europa ini untuk memberikan menit bermain kepada pemain-pemain muda. Ada nama Tahith Chong, Diogo Dalot, Mason Greenwood, Angel Gomes, hingga Axel Tuanzebe di starting XI.
Selain itu, ada juga pemain-pemain cadangan seperti Nemanja Matic, Fred, Marcos Rojo, dan Sergio Romero. Hanya Marcus Rashford saja anggota tetap tim utama yang bermain di laga ini.
Bermain di hadapan pendukung sendiri, United langsung tancap gas. Di menit ke-3, sepakan Fred dari jarak jauh membentur mistar gawang Astana.
ADVERTISEMENT
United terus menggempur Astana. Rashford dan Greenwood bergantian menuai peluang dari menit ke-10 hingga ke-15. Rashford lagi-lagi mendapatkan kesempatan emas setelah umpan lambung Rojo membuatnya terbuka. Namun, sontekannya masih mampu dibendung kiper Astana, Nenad Eric.
Dominasi United tak berhenti. Anehnya, mereka tak mampu untuk menyelesaikan segala serangan yang mereka lancarkan. Di satu sisi, Astana tak bisa berbuat banyak. Tim asal Kazakhstan itu hanya mampu bertahan dan melihat tuan rumah menguasai bola.
Keadaan ini tak berubah sampai babak pertama berakhir. Kendati melepaskan 12 tembakan dan mencatatkan persentase penguasaan bola sampai 78%, United gagal mencetak gol.
Memasuki babak kedua, United langsung berupaya mencari gol pertama. Di menit ke-59, Fred nyaris mencetak gol lewat tendangan bebas yang ciamik. Sayangnya, Eric berhasil menciptakan penyelamatan yang gemilang.
ADVERTISEMENT
Gol yang ditunggu-tunggu suporter United akhirnya datang di menit ke-73. Greenwood yang jadi pendulangnya. Penyerang berusia 17 tahun itu menyisir dari sisi kanan penyerangan United.
Setelah melewati dua bek Astana, Greenwood melepaskan tembakan dengan kaki kanannya. Kali ini, Eric gagal membendung bola, dan gawangnya mesti kebobolan.
10 menit jelang waktu normal berakhir, United hampir mendapatkan gol kedua. Kali ini, Jesse Lingard yang menjadi aktornya.
Gelandang serang asal Inggris itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, masih dapat dihalau oleh Eric, yang tampil cukup oke di laga ini.
Jelang laga berakhir, Astana sempat menekan United. Namun, waktu, plus kualitas, membuat mereka gagal menyamakan kedudukan. Pada akhirnya, United berhasil meraih kemenangan yang tipis, tetapi krusial, atas Astana.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan