Lionel Messi Terancam Dilarang Masuk Meksiko

8 Desember 2022 7:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Argentina Lionel Messi merayakan kemenangannya usai Argentina lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (2/12/2022). Foto: Pedro Nunes/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Argentina Lionel Messi merayakan kemenangannya usai Argentina lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (2/12/2022). Foto: Pedro Nunes/REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lionel Messi terancam dilarang memasuki kawasan negara Meksiko. Hal ini terkait dirinya yang dituding melecehkan negara Meksiko usai Timnas Argentina bertemu Meksiko di Grup C Piala Dunia, 26 November waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Usai pertandingan, beredar video viral dengan narasi Messi melecehkan Meksiko. Video tersebut berisikan para pemain Argentina tengah bernyanyi dan bersenang-senang selepas pertandingan di ruang ganti Stadion Lusail. Namun, di video tersebut terlihat Messi menggunakan benda yang terlihat seperti bendera atau jersi Meksiko untuk membersihkan lantai.
Kini, salah seorang politisi Meksiko bernama Maria Clemente Garcia Moreno, mengeluarkan mosi yang mendesak pemerintah setempat untuk menerapkan 'persona non grata' kepada Messi.
Persona non grata adalah istilah politik dalam bahasa Latin yang bermakna 'orang yang tidak diinginkan'. Orang yang mendapatkan label ini biasanya tak boleh mendatangi wilayah negara tersebut.
''Deputi Kongres Persatuan yang Terhormat, dengan hormat mendesak Kementerian Luar Negeri untuk mengeluarkan Deklarasi yang sesuai untuk menyatakan persona non grata di wilayah Meksiko kepada warga Argentina, Lionel Andres Messi Cuccitini, karena penghinaan yang nyata dan kurang rasa hormat terhadap Meksiko di Piala Dunia FIFA pada 26 November,'' tulis dokumen mosi itu.
Lionel Messi dari Argentina beraksi dengan Kevin Alvarez dari Meksiko dan Hector Moreno pada pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Sabtu 26 November 2022. Foto: Pedro Nunes/REUTERS
Lionel Messi sebelumnya sudah membantah bahwa dirinya melecehkan Meksiko. Ia menjelaskan bahwa hal itu adalah kesalah pahaman.
ADVERTISEMENT
"Itu adalah kesalahpahaman. Mereka yang mengenal saya tahu bahwa saya tidak pernah melecehkan siapa pun. Ini adalah hal-hal yang [biasa] terjadi di ruang ganti setelah pertandingan. Saya tidak perlu meminta maaf karena saya tidak pernah mengejek orang-orang di Meksiko atau jersinya," kata Lionel Messi, dikutip dari Marca.
Adapun Messi dan Timnas Argentina akan berlaga di perempat final Piala Dunia 2022. Argentina akan berhadapan melawan Belanda pada Sabtu (10/12) dini hari WIB mendatang.