Bola & Sports
·
24 September 2020 9:53

Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak? (322948)
Luis Suarez, pemain Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea/File Photo
Luis Suarez sudah bukan lagi milik Barcelona. Si penyerang asal Uruguay telah menemukan destinasi baru: Atletico Madrid.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana formasi Barcelona tanpa kehadiran Suarez? Sebab hingga musim lalu, eks bomber Liverpool tersebut masih menjadi striker utama 'Raksasa Catalunya'.
Suarez nyaris tak tergantikan dalam daftar starter tim Barcelona musim 2019/20. Tercatat, pemain yang sebelumnya memakai nomor 9 di skuat Blaugrana itu 29 kali menjadi starter dari total 36 laga.
Bahkan pada musim lalu, jumlah golnya di lintas ajang (21 gol) hanya kalah dari Lionel Messi (31 gol). So, apakah Barcelona bakal kesulitan tanpa kehadiran Suarez?

Formasi Barcelona Tanpa Kehadiran Luis Suarez

Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak? (322949)
Messi, Suarez, dan Griezmann berpelukan merayakan gol Barcelona. Foto: Reuters/Albert Gea
Barcelona sama sekali belum berlaga di ajang resmi musim 2020/21. Sudah dua pekan Liga Spanyol dilalui begitu saja oleh semifinalis Liga Champions 2019/20 ini.
Walau begitu, nyatanya Barcelona enggak nganggur-nganggur amat. Armada Ronald Koeman tercatat dua kali menyelenggarakan laga uji coba dan sekali main di ajang Trofi Joan Gamper. Semuanya melawan tiga tim non-La Liga:
ADVERTISEMENT
  • Barcelona 3-1 Gimnastic De Tarragona (uji coba)
  • Barcelona 3-1 Girona (uji coba)
  • Barcelona 1-0 Elche (Joan Gamper)

Kans Antoine Griezmann jadi bomber utama Barcelona

Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak? (322950)
Pemain FC Barcelona, Antoine Griezmann. Foto: REUTERS / Albert Gea
Nah, dari ketiga laga itu, Suarez sama sekali tidak diturunkan. Alhasil, dalam laga kontra Girona dan Elche, Barcelona menurunkan Antoine Griezmann di pos striker nomor 9.
Ya, ketidakhadiran Suarez bisa membikin striker Prancis ini kembali bermain di posisi idealnya: Striker nomor 9 atau second striker.
Itulah posisi bermainnya di Timnas Prancis dan Atletico Madrid. Itulah posisi idealnya yang sebenarnya, tetapi kehadiran Suarez membikin Griezmann tak bisa bermain di posisi itu pada musim lalu.
Sepanjang musim 2019/20, Griezmann lebih sering ditugaskan bermain melebar. Transfermarkt mencatat; dari 48 laga lintas ajang, alumnus akademi Real Sociedad itu 27 kali jadi winger (25 kali di kiri).
ADVERTISEMENT
Saat bermain sebagai winger, Griezmann hanya total mencetak 8 gol dan 2 assist. Ketika bermain sebagai penyerang tengah (18 kali), dia mampu membukukan 7 gol dan assist. Dari data ini, terlihat dia lebih efektif jadi penyerang.
Namun, yang jadi masalah adalah ketajaman dari Griezmann sendiri. Usai restart kompetisi musim lalu, penyerang 29 tahun ini cuma mencetak satu gol dari 11 laga lintas ajang (Juni-Juli 2020), terlepas dari apa pun posisinya.

Bagaimana dengan Lionel Messi?

Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak? (322951)
Lionel Messi, pemain Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea
Messi bisa bermain sebagai winger saat Griezmann menempati pos nomor 9. Atau, putra Rosario ini dapat menjadi false 9 di depan, sementara Griezmann berada di belakangnya dan seperti inilah kondisinya kala Barcelona menghadapi Gimnastic De Tarragona.
ADVERTISEMENT
Jadi, tugas Koeman kini adalah menciptakan sistem yang klop untuk Barcelona, terutama untuk Messi dan Griezmann. Lalu, jika berkaca pada statistik yang terakhir tadi, Griezmann sendiri kudu membenahi performanya.
Sebab, Griezmann adalah satu-satunya striker murni yang bisa diandalkan Barcelona saat ini. Ya, El Barca jelas tak bisa berharap banyak pada Martin Braithwaite.
Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak? (322952)
Note: Miralem Pjanic bisa main di posisi De Jong atau Coutinho. Dibuat dengan chosen11.com
Luis Suarez Hengkang, Bagaimana Jadinya Formasi Barcelona? Siapa Ujung Tombak? (322953)
Note: Miralem Pjanic bisa main di posisi De Jong. Dibuat dengan chosen11.com
Trivia: Formasi di atas menggunakan asumsi Barcelona tak membeli striker baru lagi di bursa transfer musim panas 2020.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.