Bola & Sports
·
10 Juni 2020 3:49

Man City Tunjuk Mentor Guardiola, Juanma Lillo, Jadi Asisten Pelatih

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Man City Tunjuk Mentor Guardiola, Juanma Lillo, Jadi Asisten Pelatih (741043)
Juanma Lillo jadi asisten pelatih Manchester City. Foto: Reuters/Luis Galdamez
Juan Manuel (Juanma) Lillo punya jasa besar dalam membentuk Pep Guardiola jadi pelatih kelas dunia. Pada musim 2005/06, Lillo melatih Guardiola di kesebelasan Meksiko, Dorados de Sinaloa.
ADVERTISEMENT
Bersama Dorados itulah Guardiola menutup karier bermainnya. Setahun setelah gantung sepatu, Guardiola dipercaya menjadi pelatih Barcelona B.
Sisanya adalah sejarah. Bersama Barcelona, Guardiola sukses besar dengan meraih 14 trofi dalam empat musim. Kini, pria Catalunya itu tengah berupaya meraih kesuksesan serupa bersama Manchester City.
Guardiola memang belum bisa menguasai Eropa bersama City. Akan tetapi, sudah dua kali dia menjuarai Premier League, yaitu pada 2018 dan 2019.
Di balik kesuksesan Guardiola bersama City itu, ada sosok asisten bernama Mikel Arteta yang pada Desember 2019 hengkang ke Arsenal untuk menjadi pelatih kepala. Sejak itulah Guardiola tidak memiliki pendamping.
Pada Rabu (10/6/2020) dini hari WIB, Guardiola akhirnya mendapat asisten baru dalam diri Lillo. Sebelum ini, Lillo sukses membawa Qingdao Huanghai promosi ke Liga Super China.
ADVERTISEMENT
"Aku gembira bisa bergabung dengan staf kepelatihan Manchester City. Relasiku dengan Pep sudah lama sekali terjalin dan aku senang bisa bergabung dengan timnya," kata Lillo, dilansir situs resmi The Citizens.
Kebahagiaan juga disampaikan Direktur Olahraga City, Aitor 'Txiki' Begiristain. "Kami menyambut kedatangan Juanma ke Manchester City dengan semringah," ucap Txiki.
"Pengalamannya yang kaya, di mana dia telah melatih di tiga benua dan menangani pemain-pemain kelas dunia, akan menjadi aset yang sangat berharga bagi Pep dan timnya," tutup eks penyerang Barcelona tersebut.
Manchester City saat ini sedang mempersiapkan diri menyambut digulirkannya kembali Premier League 2019/20. Kamis (18/6/2020) dini hari WIB, mereka bakal menjamu Arsenal di Etihad Stadium.
-----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 jersi original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.