kumparan

Manchester City Tebus Klausul Pelepasan Rodri

Rodri
Rodri merayakan gol ke gawang Levante. Foto: AFP/Jose Jordan
Rodrigo Hernandez Cascante--akrab disapa Rodri--dan Manchester City adalah dua nama yang kerap dikaitkan kedekatannya belakangan ini. Ternyata, keduanya memang akan segera menjalin kerja sama dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Pada Rabu (3/7/2019), perwakilan dari Manchester City, Omar Berrada, terlihat datang ke markas La Liga di Madrid. Kedatangan perwakilan City ini, dilansir Manchester Evening News, untuk merampungkan proses transfer Rodri.
Kehadiran pihak City ke markas La Liga itu untuk membayar biaya klausul pelepasan Rodri yang mencapai angka 62 juta poundsterling. Sesuai aturan di Spanyol, jika masih ada pemain yang terikat kontrak dengan klub namun sang pemain ingin pergi, maka klausul pelepasannya harus ditebus.
Sebenarnya, klausul pelepasan ini mesti dibayar oleh pemain itu sendiri. Namun, dalam kasus Rodri ini, City mewakili Rodri. Mereka jadi pihak yang membayar klausul pelepasan Rodri. Proses pembayaran klausul Rodri ini pun sudah diinformasikan pihak La Liga pada Atletico, dan diumumkan oleh Atletico lewat situs resmi mereka.
ADVERTISEMENT
"Pihak La Liga menginformasikan pada Atletico bahwa Rodrigo Hernandez, melalui pengacaranya dan perwakilan dari Manchester City, sudah membayar klausul pelepasan Rodri. Pembayaran ini dilakukan di markas La Liga pada Rabu (3/7)," ujar pernyataan resmi Atletico.
"Manchester City sudah membayar klausul pelepasan itu atas nama sang pemain. Oleh karena itu, dengan adanya proses ini, sang pemain telah resmi memutus kontraknya dengan Atletico, yang seharusnya baru berakhir pada 30 Juni 2023," lanjutnya.
Dengan begini, Rodri semakin dekat saja ke City. Meski begitu, ia belum benar-benar jadi pemain City, karena ia belum menandatangani kontrak bersama The Citizens. Meski begitu, melihat keseriusan City yang seperti ini, tampaknya Rodri akan segera jadi pemain City dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Rodri sendiri diproyeksikan akan menjadi pengganti dari Fernandinho. Memang, dalam beberapa musim terakhir, sosok asal Brasil tersebut kerap terkena cedera. Selain itu, usia Fernandinho sudah tidak muda lagi, yakni 34 tahun.
Rodri
Rodri segera rampungkan kepindahan ke Manchester City. Foto: AFP/Gabriel Bouys
Kehadiran Rodri diharapkan dapat menambah slot pemain di posisi gelandang bertahan. Ia bisa berperan sebagai holding midfielder, tugas yang selama ini kerap diemban Fernandinho di City. Bedanya, Pep tidak perlu banyak melatih Rodri karena tipikal permainannya mirip dengan Sergio Busquets.
Selama musim 2018/19 kemarin, ia menorehkan rataan tekel per laga sebanyak 2,6 kali, rataan intersep per laga sebanyak 1,2 kali, serta rataan sapuan per laga sebanyak 1,8 kali. Dari catatan itu, terlihat bahwa Rodri lihai dalam membaca permainan sekaligus memutus serangan lawan.
ADVERTISEMENT
Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika Fernandinho masih ada di skuat City musim depan, keduanya akan saling bersaing untuk mengisi posisi gelandang bertahan. Tapi, tidak bisa jadi juga keduanya akan saling mengisi satu sama lain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan