kumparan
search-gray
Bola & Sports1 Agustus 2020 11:14

Menakar Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021

Konten Redaksi kumparan
Menakar Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021 (1216054)
Suporter Timnas di Piala AFF 2016. Foto: Aditia Noviansyah/Kumparan
Sudah 10 tahun silam, Indonesia kebagian jatah menjadi tuan rumah Piala AFF 2010. Semenjak saat itu, turnamen dua tahunan ini tak lagi mampir di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala AFF sejatinya datang pada tahun depan. Setelah dipastikan diundur ke 2021, PSSI mengaku ditawari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) untuk menjadi tuan rumah tunggal.
Sejak 2018, AFF sejatinya mengganti format kompetisi. Dari sebelumnya dua negara ditunjuk menjadi tuan rumah babak penyisihan, kini berubah menjadi format kandang dan tandang.
Namun, karena pandemi virus corona, AFF memilih untuk menyelenggarakannya di satu negara, layaknya perhelatan 1996-2000. Komite Darurat AFF telah mengajukan penyelenggaraan Piala AFF 2021 pada April mendatang.
Lantas, bagaimana respons PSSI?
Pilihan April sebagai jadwal baru penyelenggaraan Piala AFF 2021 tampaknya memberatkan PSSI. Pasalnya, tahun depan, Indonesia sudah ditunggu turnamen dengan skala lebih besar yakni Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada Mei-Juni.
ADVERTISEMENT
Waktu yang begitu berdekatan membuat PSSI keberatan. Apalagi, sesuai regulasi FIFA, stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 sudah harus steril dari segala macam kegiatan pada dua pekan sebelum kick-off.
Menakar Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021 (1216055)
Foto udara Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Sejauh ini, Indonesia mengajukan enam stadion yakni Stadion Jakabaring (Palembang), Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).
Selain persoalan ketersediaan stadion, PSSI juga mengisyaratkan menolak tawaran sebagai tuan rumah Piala AFF 2021.
“Piala AFF event yang sangat bagus buat ajang yang kompetitif bagi Timnas Negara Asia Tenggara, dengan batalnya AFF dilaksanakan tahun 2020 ini tentu melalui pertimbangan yang matang dilakukan AFF, walaupun Indonesia dan negara ASEAN Lainnya sangat menunggu event tersebut,” ujar Ketua Umum PSSI, M. Iriawan, ketika dihubungi kumparan, Sabtu (1/8).
ADVERTISEMENT
“Soal Indonesia kalau ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Piala AFF 2021, tentunya akan mempertimbangkan banyak hal, di antaranya tentu kami juga sedang konsentrasi untuk persiapan tuan rumah Piala Dunia U-20,” lanjutnya.
Menakar Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021 (1216056)
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terpilih jadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Sebelum ditunda, Vietnam sejatinya telah mengajukan diri sebagai tuan rumah tunggal Piala AFF. Hal itu tak lepas dari kondisi pandemi virus corona yang bisa dikontrol dengan baik, meski belakangan kembali muncul sejumlah kasus baru.
AFF dikabarkan akan segera menentukan tuan rumah untuk perhelatan tahun depan sekaligus menyetujui tanggal baru pelaksanaan Piala AFF 2021.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white