kumparan
20 Des 2018 18:56 WIB

Mentas di Piala Asia, Son Bisa Absen Bela Spurs Dua Pekan

Striker Tottenham asal Korsel, Son Heung-min. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Perhelatan Piala Asia 2019 memberi dampak buat Tottenham Hotspur karena salah satu penggawanya, Son Heung-min, dipastikan tergabung dalam skuat Timnas Korea Selatan. Dengan mengikuti pesta sepak bola terbesar se-Asia itu, Son diperkirakan bakal absen memperkuat The Lilywhites kurang lebih dua pekan.
ADVERTISEMENT
Piala Asia 2019 sendiri direncanakan terhelat dari 5 Januari - 1 Februari di Uni Emirat Arab. Korea tergabung di Grup C bersama Filipina, China, dan Kyrgyzstan. Tim berjuluk Taegeuk Warriors tersebut bakal memulai laga perdana grup melawan Filipina, 7 Januari 2019.
Spurs baru melepas Son pada 16 Januari saat melawan Korea Selatan China di laga pemungkas grup. Keputusan ini diambil sesuai kesepakatan kedua tim saat mengizinkan Son mentas di Asian Games 2018, Agustus-September lalu.
Saat itu, Spurs memberi dua syarat kepada Korea jika ingin menggunakan jasa Son hingga ajang Asian Games 2018 rampung: Tak diperbolehkan untuk turut serta pada uji tanding Korea di November 2018 dan dua laga awal di Piala Asia 2019. Selain karena kesepakatan ini, keberadaan Son masih dibutuhkan Spurs di awal-awal tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Dalam tiga pekan ke depan (23 Desember 2017-13 Januari 2019), Spurs harus bermain tujuh kali di lintas ajang. Keadaan ini membuat Spurs hanya punya waktu istirahat tiga hari setiap rampung bertanding. Dari tujuh laga nanti, dua lawan berat menanti mereka, yakni Chelsea di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris dan Manchester United di Premier League.
Baru setelah laga melawan United, Son langsung bergabung dengan Korea. Kendati begitu, jika Korea lolos ke babak-babak selanjutnya atau bahkan menjejak final, Son bisa saja absen membela Spurs selama dua minggu dan melewatkan empat pertandingan --tiga di Premier League dan satu di leg kedua semifinal Piala Liga Inggris.
Son Heung-min di Asian Games 2018. (Foto: Antara/Hery Sudewo)
Kehilangan Son bisa saja memberi dampak cukup signifikan untuk lini serang Spurs. Pemain berusia 26 tahun itu tampil impresif di musim ini dengan catatan sudah terlibat dalam 9 gol dari 20 pertandingan di lintas ajang. Rinciannya, 6 gol dan 3 assist.
ADVERTISEMENT
Namun, kebijakan Pochettino yang kerap melakukan rotasi menjadi sebuah jalan keluar jitu menghadapi absennya Son nanti. Lucas Moura dan Erik Lamela kerap mengisi kekosongan yang ditinggalkan Son.
Kedua pemain ini cukup moncer dari segi gol. Moura sudah mengemas 7 gol dari 24 laga, sedangkan Lamela 6 gol dari 18 pertandingan di semua kompetisi. Jangan lupakan juga, bursa transfer musim dingin akan segera di buka sehingga Spurs berpotensi membeli pemain untuk menambah kekuatan sekaligus menambal absennya Son nanti.
Adapun, Spurs bukan satu-satunya klub Premier League yang bakal kehilangan pemain karena Piala Asia 2019. Ada dua pemain lain yang mendapat panggilan tugas membela negaranya, yakni Aaron Mooy (Huddersfield Town) dan Mat Ryan (Brighton & Hove Albion) yang tergabung di skuat Australia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan