Nova Arianto Kantongi Daftar 37 Pemain Diaspora untuk Timnas U-16

27 Februari 2024 19:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelatih Nova Arianto (kedua kanan) memantau para pesepak bola yang mengikuti uji tanding seleksi gelombang 3 Tim Nasional U-16 di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2024). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Nova Arianto (kedua kanan) memantau para pesepak bola yang mengikuti uji tanding seleksi gelombang 3 Tim Nasional U-16 di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2024). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
ADVERTISEMENT
Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, angkat suara soal keterbukaan memanggil pemain diaspora ke skuad 'Garuda Muda'. Hal itu disampaikannya usai memimpin latihan Timnas U-16 di Senayan, Jakarta, pada Selasa (27/2) sore WIB.
ADVERTISEMENT
Coach Nova mengakui sudah melakukan kontak terkait dengan data-data pemain diaspora Indonesia kepada Kemenpora RI. Legenda Persib dan Persebaya itu sudah mengantongi 37 nama pemain diaspora.
Nova telah berkoordinasi dengan Tenaga Ahli Kemenpora RI bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan. Namun, dari 37 kandidat tersebut, hanya 9 anak yang memiliki paspor Indonesia.
"Pertama memang di saat ini saya minta data siapa-siapa saja pemain diaspora yang punya paspor Indonesia, walaupun kita tetap harus komunikasi dengan PSSI dan kebetulan ada Pak Hamdan di situ, jadi saya bicara dan Pak Hamdan memberikan data tersebut, ada sekitar 37 pemain diaspora tetapi yang punya paspor Indonesia hanya sekitar sembilan," kata Nova kepada wartawan.
Pelatih Nova Arianto (tengah) memberikan instruksi kepada para pesepak bola peserta seleksi gelombang 3 Tim Nasional U-16 di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2024). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
Dari 37 pemain tersebut, Nova Arianto akan menyeleksi kembali siapa saja yang pantas untuk mengenakan jersey Timnas U-16 Indonesia. Postur tubuh adalah satu prioritas utama Nova dalam memilih pemain. Para pemain diaspora ini rencananya akan dipanggil pada TC bulan April mendatang.
ADVERTISEMENT
"Jadi setelah itu kita akan komunikasi dengan PSSI bagaimana situasinya dan mekanismenya. Sebelum itu kita dari coaching staff akan melihat video-video mereka, jadi nanti pemain yang dipanggil sesuai dengan apa yang kita harapkan, termasuk masalah tinggi badan. Kemungkinan April [dipanggil]," tambahnya.
TC seleksi pemain Timnas U-16 terbagi menjadi tiga gelombang dan telah berlangsung di Lapangan B Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dari tanggal 25 hingga 28 Februari 2024. Timnas U-16 menjalani pemusatan latihan untuk menatap Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia.