kumparan
18 Februari 2020 13:48

Pelatih Persib Singgung Piala Gubernur Jatim, Ada Apa?

Robert Rene Alberts (PTR)
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Foto: Dok. Media Persib
Persib tak terlibat di Piala Gubernur Jatim 2020. Namun, baru-baru ini Robert Alberts selaku pelatih Persib sedikit menyinggung gelaran yang juga diikuti Persija Jakarta tersebut.
ADVERTISEMENT
Ceritanya, seorang wartawan bertanya kepada Alberts soal kekuatan tim lawan musim ini. Dia lantas menjawab 'belum' dan seketika menyebut-nyebut Piala Gubernur Jatim.
Yang dia soroti adalah level kompetitif ajang itu yang begitu tinggi. Bagi Alberts, ini bukan hal yang bagus lantaran Piala Gubernur Jatim cuma ajang pramusim.
"Jika kalian lihat di Piala Gubernur (Jatim), mayoritas tim sudah bermain dengan pemain inti mereka karena mereka punya tekanan untuk menjadi juara di turnamen pramusim," kata Alberts.
Persib sendiri baru saja menjalani uji tanding melawan PSS Sleman pada Senin (17/2/2020). Alberts manfaatkannya untuk memberi kesempatan sejumlah pemain dan mengalisis kekurangan timnya.
Menurut Alberts, seperti itulah pramusim mestinya dijalani, alih-alih menekan pemain untuk terus meraih kemenangan dan bahkan meraih trofi.
Persib Bandung melawan Barito FC
Pemain Persib Bandung Geoffrey Castillion berebut bola dengan pemain Barito FC saat pertandingan uji coba di Stradion Si Jalak Harupat, Bandung. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
"Kami tidak menekan pemain untuk menang di laga ini dan malah memberikan kesempatan bagi pemain untuk bermain sebanyak yang saya bisa," papar dia.
ADVERTISEMENT
"Pekan depan, kami akan membagi tim menjadi dua. Satu tim ke Cilacap dan satu lainnya ke Bogor sehingga semua pemain bisa bermain selama 90 menit," sambung Alberts.
Salah satu hal yang membuat Alberts tak ingin menuntut timnya berprestasi di pramusim adalah dampak yang mungkin muncul terhadap kondisi para pemain saat liga dimulai.
"Jika kalian lihat apa yang terjadi di sepakbola Indonesia, ketika ada Piala Presiden (di pramusim), mereka tidak dalam kondisi terbaik saat liga sudah dimulai," ujar Alberts.
"Jadi pramusim harus dimanfaatkan sebagai perkenalan pemain sebelum turun berkompetisi di liga," ujar eks pelatih PSM Makassar tersebut.