Pelatih Venezuela Komentari JIS: Rumput Tak Terlalu Baik, Stadion Bagus

20 November 2023 7:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
Timnas Venezuela berfoto sebelum bertanding melawan Timnas Jerman dalam penyisihan Grup F Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu (18/11/2023). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Piala Dunia U-17 kembali menuai pujian. Kali ini, pujian tersebut datang dari pelatih Venezuela, Ricardo Valino.
ADVERTISEMENT
Venezuela melakoni matchday terakhir Grup F kontra Jerman di JIS. Dalam pertandingan tersebut, pasukan Valino menelan kekalahan telak 0-3 di laga itu
Menurut Valino, JIS adalah salah satu stadion terbaik di dunia dari stadion-stadion yang pernah ia kunjungi. Namun, ia menyoroti soal rumput.
Pemain Timnas Jerman Justin Von Der Hitz (tengah) bersama rekannya Fayssal Harchaoui (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Venezuela Juan Arango (kanan) dalam laga penyisihan Grup F Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium, Ja Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
"Stadion ini lebih bagus. Rumputnya memang tidak terlalu baik, tapi ini salah satu stadion terbaik yang pernah kami datangi," terang Valino, Sabtu (18/11).
Terkait rumput, rumput JIS memang sempat menjadi sorotan saat dimulainya Piala Dunia U-17. Netizen di media sosial menilai rumput JIS saat ini tidak sebagus sebelum direnovasi.
FIFA sudah buka suara terkait rumput di lapangan JIS. Menurut FIFA, semua stadion Piala Dunia U-17 sudah teruji dan cuaca menjadi tantangan terberat.
ADVERTISEMENT
“Faktor kelembaban dan curah hujan [tinggi] di musim hujan khususnya, akan selalu menjadi tantangan yang spesifik. Namun semua ini telah tertangani dengan sangat baik dengan level terinterupsi yang minimum,” ucap Manajer Lapangan Senior FIFA, Alan Ferguson, dalam keterangan resminya, Selasa (14/11).
“Pemeliharaan rumput lapangan di semua stadion, pemotongan rumput dengan ketinggian yang tepat serta penggunaan mesin pengelolaan rumput, yang merupakan hal baru bagi Indonesia, tak hanya membuat turnamen ini lebih baik tapi juga menghasilkan warisan terbaik melalui wadah stadion-stadion berkelas dunia,” tambahnya.
Venezuela yang berada di peringkat Grup F setelah kalah dari Jerman, akan melakoni duel di Stadion Si Jalak Harupat. Venezuela dan Jerman adalah perwakilan Grup F ke babak 16 besar.
ADVERTISEMENT