kumparan
search-gray
Bola & Sports1 Agustus 2020 12:14

Pep Guardiola Ungkap Lawan Tersulit Sepanjang Kariernya: Bukan Jose Mourinho

Konten Redaksi kumparan
Pep Guardiola Ungkap Lawan Tersulit Sepanjang Kariernya: Bukan Jose Mourinho (150872)
Pep Guardiola, pelatih Manchester City, menggenggam trofi Piala Liga Inggris. Foto: Reuters/Matthew Childs
Pep Guardiola, manajer Manchester City, mengungkap lawan tersulit yang pernah ia hadapi sepanjang kariernya. Menariknya, Guardiola mengaku bahwa lawan tersulit itu bukan Jose Mourinho dan Real Madrid.
ADVERTISEMENT
Menurut Guardiola, lawan tersulit yang pernah ia hadapi adalah Juergen Klopp dan Liverpool edisi dua musim terakhir. Ia mengakui bahwa taktik Klopp di Liverpool membuatnya kesulitan.
"Lawan tersulit yang pernah saya hadapi sepanjang karier saya adalah Liverpool musim lalu dan musim ini," ujar Guardiola dalam wawancara dengan DAZN.
"Saat melawan mereka, kita tak sama sekali tak boleh lengan. Jika kita membiarkan mereka mendominasi bola, mereka akan mengunci kita. Sebaliknya, ketika kita mendominasi bola, mereka akan berlari mencari ruang."
"Mereka bisa bergerak cepat ke belakang dan sangat kuat dalam hal strategi. Pemain mereka memiliki kekuatan mental yang luar biasa. Klopp adalah seorang rival yang membuat saya sering memutar otak untuk mengalahkannya," sambung Guardiola.
Pep Guardiola Ungkap Lawan Tersulit Sepanjang Kariernya: Bukan Jose Mourinho (150873)
Guardiola terpaksa ubah skema. Foto: Reuters/Carl Recine
Klopp sendiri memang punya catatan positif atas Guardiola. Eks manajer Borussia Dortmund itu adalah satu-satunya pelatih yang lebih sering menang dibanding kalah dalam beberapa kali pertemuan melawan Guardiola.
ADVERTISEMENT
Klopp dan Guardiola sudah 19 kali bertemu. Klopp memenangi sembilan pertemuan. Sementara Guardiola hanya bisa menang di delapan pertemuan lain.
Selain itu, Guardiola punya catatan buruk saat bertamu ke Anfield yang kini dihuni Klopp. Sejak Klopp menjadi manajer Liverpool, Guardiola belum pernah menang di sana.
Pep Guardiola Ungkap Lawan Tersulit Sepanjang Kariernya: Bukan Jose Mourinho (150874)
Juergen Klopp dan Pep Guardiola. Foto: Laurence Griffiths/Pool via REUTERS
Meski demikian, Guardiola tetap mengakui bahwa Madrid adalah salah satu lawan berat yang pernah ia hadapi dalam kariernya. Ia menyebut Madrid telah membantunya menjadi pelatih hebat.
"Saya selalu bilang bahwa Real Madrid adalah salah satu tim terkuat yang pernah saya hadapi," ujar Guardiola.
"Mereka membantu saya menjadi pelatih yang lebih baik melalui berbagai laga dan kompetisi dengan Jose Mourinho, Manuel Pellegrini dan semua pelatih yang pernah ada di sana."
ADVERTISEMENT
"Kalau kalian tanya lawan tersulit yang pernah saya hadapi, saya akan jawab Liverpool. Tahun pertama saya di Inggris, Liverpool sedikit lebih lemah. Sekarang ini Liverpool adalah yang tersulit yang pernah saya hadapi sepanjang karier saya," pungkas dia.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
***
Saksikan video menarik di bawah ini: