kumparan
10 Juli 2019 15:27

Persipura Gagal Menang Lagi

Persipura Jayapura
Skuat Persipura Jayapura di Liga 1. Foto: Website Liga 1.
Untuk ketujuh kalinya, Persipura Jayapura kembali gagal meraih kemenangan di Liga 1 2019. Mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Perseru Badak Lampung FC di Stadion Mandala, Rabu (10/7/2019), pukul 15.30 WIT.
ADVERTISEMENT
Gol Persipura dicetak oleh Gunansar Mandowen pada menit ke-59. Sementara, tim tamu. yang mencetak gol lebih dulu, menceploskannya via Fransisco Torres pada pengujung babak pertama.
Dengan hasil ini, tim 'Mutiara Hitam' memang naik satu tingkat ke urutan 16. Namun, posisi mereka belum aman lantaran masih terjerat di zona degradasi. Adapun, Badak Lampung berhasil naik dua tingkat di posisi ke-9 klasemen sementara Liga 1.
***
Persipura benar-benar membutuhkan kemenangan guna menjauh dari zona degradasi. Lalu, mereka menurunkan para pemain terbaik pada laga ini. Ada nama-nama macam Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Tinus Pae, Ian Louis Kabes, Titus Bonai, hingga Boaz Solossa.
Sayangnya, mereka tak memulai laga dengan prima. Sejak menit awal, para pemain Persipura yang sebetulnya menguasai penguasaan bola, begitu kesulitan menembus pertahanan Badak Lampung FC. Kalau pun mendapat peluang, hampir semuanya berasal dari skema bola mati.
ADVERTISEMENT
Salah satu peluang tersebut adalah yang didapat Tibo, sapaan Titus Bonai. Saat itu, ia melepaskan sepakan bebas kaki kiri langsung ke arah gawang pada menit ke-9 yang sayangnya masih melenceng tipis.
Semenit berselang, Persipura mendapat hadiah penalti. Itu terjadi setelah Louis Kabes dijatuhkan Yamashita di sisi kanan kotak penalti.
Boaz lantas maju sebagai eksekutor. Dengan kaki kirinya, ia coba menempatkan bola ke sudut kanan gawang. Namun, sepakan tersebut gagal menjadi gol lantaran mampu ditepis Daryono, kiper Badak Lampung FC.
Badak Lampung FC sendiri, di sisi lain, tak berbeda jauh dengan Persipura. Mereka amat kesulitan mendapat peluang dan bahkan untuk sekadar mengembangkan permainan.
Tiap kali melancarkan serangan, para pemain Persipura begitu gampang mematahkannya. Alhasil, laga berjalan hambar dan seakan bakal berakhir tanpa gol.
ADVERTISEMENT
Tapi, pada pengujung babak pertama, tiba-tiba saja mereka mampu mencetak gol via serangan balik. Adalah Fransisco Torres yang menjadi pelakunya. Badak Lampung pun unggul 1-0 dan ini bertahan hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.
Pada babak kedua, Persipura mulai berubah. Lewat crossing di kedua sisi sayap, serangan-serangan mereka lebih intens dan tampak bahaya, seperti yang terlihat pada menit ke-55.
Saat itu, umpan silang Tibo mengarah ke depan kotak penalti. Boaz ada di sana dan menyambutnya lewat sebuah sundulan yang sayangnya kembali gagal menjadi gol.
Setelah peluang tersebut, Persipura semakin intens menekan. Intensitas itu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-59.
Menerima umpan Boaz, Gunansar Mandowen yang baru masuk pada babak kedua langsung menyepak bola dari luar kotak penalti. Sepakan itu amat keras sehingga tak mampu dihalau kiper Badak Lampung. Gol. Skor pun berubah menjadi 1-1.
ADVERTISEMENT
Gol tersebut membuat tim tamu terbangun. Berbagai tekanan, terutama via serangan balik, coba mereka lancarkan. Namun, tak satu pun peluang berarti yang mereka dapat.
Hal yang sama juga berlaku buat tim tuan rumah. Alhasil, skor 1-1 tak berubah hingga laga benar-benar berakhir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan