Bola & Sports19 Juni 2018 1:14

Piala Dunia 2018: Menolak Bermain, Kalinic Dipulangkan Kroasia

Konten Redaksi kumparan
Piala Dunia 2018: Menolak Bermain, Kalinic Dipulangkan Kroasia (504308)
Penyerang Kroasia, Nikola Kalinic. (Foto: NICOLAS TUCAT / AFP)
Langkah pertama Tim Nasional (Timnas) Kroasia di Piala Dunia 2018 sebetulnya berjalan lancar dan memuaskan. Menghadapi Nigeria pada laga Grup D di Kaliningrad Stadium, Minggu (17/6/2018) dini hari WIB, Kroasia meraih kemenangan dengan skor 2-0.
ADVERTISEMENT
Dengan kemenangan tersebut, Kroasia untuk sementara memuncaki klasemen Grup D, di atas Argentina dan Islandia yang bermain imbang 1-1. Kondisi ini jelas memberikan dampak positif untuk mental dan kepercayaan diri Luka Modric dan kolega.
Namun, baru dua hari berselang usai meraih kemenangan, kondisi tim Kroasia agak tidak kondusif. Musababnya, satu pemain mereka, Nicola Kalinic, dipulangkan lebih awal. Pelatih Zlatko Dalic menyebut alasan memulangkan penyerang AC Milan ini dikarenakan sang pemain menolak dimainkan di laga melawan Nigeria.
Dalic menyebut sudah bersiap memasukkan Kalinic untuk menggantikan Mario Mandzukic jelang pertandingan selesai. Namun, pemain berusia 30 tahun itu mengatakan tidak siap bermain karena ada masalah pada punggungnya. Padahal, Kalinic sudah melakukan pemansan. Pada akhirnya, Marko Pjaca yang menggantikan Mandzukic pada menit 86.
ADVERTISEMENT
"Saat laga melawan Nigeria berlangsung, Kalinic sudah melakukan pemanasan dan sudah dipersiapkan untuk masuk di babak kedua. Tetapi, kemudian dia mengatakan tidak siap masuk ke lapangan karena merasa ada masalah pada punggungnya," kata Dalic dilansir Reuters.
Dalic menyebut bukan kali pertama ini Kalinic menolak dimainkan. Sebelumnya, pada laga uji coba melawan Brasil, awal Juni lalu, Kalinic juga menyebut tidak siap bermain saat akan dimasukkan sebagai pemain pengganti. Berangkat dari dua kejadian yang sama, Dalic dengan tegas memulangkan eks penyerang Fiorentina itu karena hanya membutuhkan pemain yang siap bermain.
"Hal yang sama pernah terjadi di Anfield ketika melawan Brasil, dia mengatakan pada saya merasa tidak siap bermain. Saya menanggapi hal ini tanpa banyak bicara dan membuat keputusan ini (memulangkan) karena saya butuh pemain yang sehat dan bisa membantu rekan-rekannya di tim," pungkas Dalic.
ADVERTISEMENT
Kalinic sendiri memang sudah kehilangan tempat utama di lini serang Kroasia, meski penampilannya selama babak kualifikasi cukup menjanjkan. Ia turun sembilan kali, lima di antaranya sebagai starter dan empat kali jadi pemain pengganti dengan mengemas 3 gol.
Akan tetapi, Kalinic mulai tergusur saat Kroasia memainkan laga uji coba jelang Piala Dunia 2018. Dari empat pertandingan, Kalinic hanya bermain dua kali sebagai pemain pengganti tanpa bisa mencetak gol. Posisi Kalinic tergeser pemain-pemain lebih muda sepert Andrej Kramaric dan Pjaca.
Adapun, Kalinic yang dipulangkan tak bisa digantikan dengan pemain lain, sehingga Kroasia tinggal menyisakan 22 pemain di dalam skuatnya. Namun, Dalic rasanya tak perlu khawatir karena masih punya banyak pilihan pada slot yang ditinggalkan Kalinic. Tugas Kroasia sekarang adalalah mengembalikan fokus, karena bakal menghadapi Argentina di pertandingan selanjutnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white