kumparan
search-gray
Bola & Sports19 Juli 2018 20:15

Piala Dunia 2018 yang Memaksa Manchester United Bersalin Rupa

Konten Redaksi kumparan
Piala Dunia 2018 yang Memaksa Manchester United Bersalin Rupa (71994)
Para pemain United merayakan gol (Foto: REUTERS/Andrew Yates)
Manchester United tampaknya bakal menggunakan wajah baru di awal musim depan. Indikasi itu muncul saat Jose Mourinho mengatakan bakal ada perubahan, termasuk menggunakan tiga pemain depan—yang sepertinya akan membuatnya menggunakan pola 4-3-3.
ADVERTISEMENT
Musim lalu, United dikenal lekat dengan pola 4-2-3-1. Alasannya, pola tersebut digunakan oleh Mourinho dalam 22 pertandingan Premier League, tiga Liga Champions, tiga Piala Liga, dan empat Piala FA.
Tak hanya untuk United. Untuk Mourinho sendiri, pola 4-3-3 adalah pola yang baru. Melihat catatan kepelatihannya dalam dua kesebelasan terakhirnya, ia hampir tak pernah menggunakan pola tersebut.
Lantas, apa alasan yang mendasari Mourinho menggunakan pola 4-3-3?
Saat Piala Dunia 2018 Memengaruhi Mourinho
Adanya Piala Dunia 2018 membuat Jose Mourinho harus menjalani awal pramusim tanpa skuat terbaiknya. Menurut The Guardian, ada 12 pemain yang besar kemungkinan bakal absen saat United melakoni awal masa pramusim di Amerika Serikat.
Di antara 12 pemain tersebut, ada tujuh pemain yang menjalani Piala Dunia 2018 hingga dua hari terakhir, yakni Paul Pogba, Romelu Lukaku, Marouane Fellaini, Marcus Rashford, Phil Jones, Ashley Young, dan Jesse Lingard.
ADVERTISEMENT
Selain enam pemain tersebut, masih ada Marcos Rojo, Victor Lindeloef, David de Gea, Nemanja Matic, dan Fred. Meski gagal mencapai semifinal, lima pemain di atas juga diberi Mourinho kebebasan untuk melakoni pramusim dengan terlambat.
Jika tidak ada aral melintang, mereka baru akan bergabung dengan skuat Milan pada akhir pekan depan. Kedatangan 12 pemain tersebut bakal mepet dengan laga perdana Premier League yang akan digelar pada 10 Agustus 2018.
Akibat waktu yang serba mepet, Mourinho tak punya pilihan lain kecuali memanfaatkan tim yang ada di masa pramusim. Jika ia memaksakan nama-nama yang telat bergabung untuk bermain, mereka bisa jadi tak akan nyetel dengan rekan yang lain.
Sekian nama pemain United yang tak berangkat ke Piala Dunia 2018 sebenarnya tak terlalu buruk. Di lini depan, masih tersedia nama-nama yang musim lalu rutin bermain, seperti Alexis Sanchez, Juan Mata, dan Anthony Martial.
ADVERTISEMENT
Kemungkinan tiga nama ini untuk dimainkan di laga perdana United di Premier League terbilang besar. Selain menjadi yang paling awal bergabung, mereka diyakini memiliki kondisi fisik yang lebih siap ketimbang pemain yang datang terlambat.
Menebak Keinginan Mourinho dari Ketiganya
Ada banyak hal yang mungkin mempengaruhi Jose Mourinho menggunakan pola 4-3-3. Mulai dari 4-2-3-1 yang tak memberikan hasil hingga kehadiran Fred di lini tengah. Melihat pola dan stok pemain, besar kemungkinan Alexis Sanchez, Juan Mata, dan Anthony Martial jadi pilihan.
Jika jadi menggunakan pola ini, Alexis dan Mata kemungkinan bakal ditempatkan sebagai penyerang sayap. Sementara itu, Martial akan diturunkan sebagai pendobrak pertahanan lawan dari tengah.
Bermain sebagai penyerang sayap membuat Alexis dan Mata lebih leluasa. Di posisi tersebut, mereka tak akan terbebani dengan status pelayan pemain depan. Dalam posisi tersebut pula, mereka punya peluang untuk memberikan kontribusi lebih untuk tim.
ADVERTISEMENT
Gaya permainan ketiga pemain yang serupa, membuat serangan United makin tak bisa diprediksi. Jika dulunya mereka dikenal nyaris selalu menggunakan umpan silang untuk menekan lawan, adanya tiga pemain tersebut membuat serangan United jadi variatif.
Piala Dunia 2018 yang Memaksa Manchester United Bersalin Rupa (71995)
Selebrasi Juan Mata usai mencetak gol. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)
Dengan pola ini, United dapat bermain lebih fleksibel. Ada kalanya mereka menekan lawan dalam satu kesatuan, tapi ada saatnya pula mereka bermain dan menunggu di daerah pertahanan sendiri.
Secara individu, Alexis, Mata, dan Martial punya kecenderungan melakukan aksi defensif setiap diturunkan. Dengan kecenderungan tersebut, pertahanan United kokoh sejak awal bakal terbuka lebar.
Namun demikian, semua kunci dipegang oleh Mourinho. Perubahan skema yang ia inginkan harus diikuti oleh instruksi yang lebih jelas. Pasalnya, tanpa itu, boleh jadi perubahan skema yang ia harapkan tak bakal membuahkan hasil.
ADVERTISEMENT
***
Untuk memastikan keberhasilan skema ini, Mourinho perlu mengasah ketiganya saat ditampilkan secara bersamaan. Dengan sering bermain bersama, harapan untuk melihat skema ini berhasil bakal semakin besar.
Di tengah keinginan Mourinho melihat pola ini berhasil, masalah datang dari tak keluarnya visa Amerika Serikat milik Alexis Sanchez. Meski kesempatan ke Amerika Serikat masih terbuka, pemain asal Cile tersebut dipastikan tak akan tampil bersama United hingga pekan depan.
Absennya Alexis tentu mengganggu persiapan Mourinho. Pertanyaannya, apakah masalah yang dialami oleh Alexis bakal membuatnya menyerah atau justru membuatnya semakin terpacu melihat keberhasilan pola anyar ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white