Polemik Pemain Thailand: Pilih Bela Klub Jepang daripada Tampil di Piala Asia

8 Januari 2024 18:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Thailand Ekanit Panya berebut bola dengan pemain Vietnam Van Do Lee dan Bui Hoang Viet Anh pada pertandingan perebutan medali emas SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022). Foto: Chalinee Thirasupa/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Thailand Ekanit Panya berebut bola dengan pemain Vietnam Van Do Lee dan Bui Hoang Viet Anh pada pertandingan perebutan medali emas SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022). Foto: Chalinee Thirasupa/REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Timnas Thailand akan kehilangan salah satu penggawanya di Piala Asia. Pasalnya, Ekanit Panya, memilih mundur untuk membela klub Jepang, Urawa Reds.
ADVERTISEMENT
Pemain berposisi gelandang tersebut sejatinya sudah masuk dalam daftar 26 pemain yang akan dibawa ke Qatar. Namun demikian, Panya tidak memenuhi panggilan tersebut.
Dalam unggahan di media sosial resmi Federasi Sepak Bola Thailand, para pemain diminta berkumpul pada Minggu (7/1) untuk kemudian bertolak ke Qatar pada 11 Januari mendatang.
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Ekanit Panya (kanan) pada pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Dilaporkan Matichon, Panya lebih memilih untuk bergabung dalam sesi pramusim bersama Urawa Reds. Urawa Reds sendiri tengah bersiap di bawah pelatih baru asal Norwegia, Per-Mathias Hogmo.
Jadi, Hogmo ingin melihat performa seluruh pemain dalam pemusatan latihan mulai 10 Januari untuk bersaing di J.League 1 yang akan dimulai pada 23 Februari mendatang.
Panya sendiri harus ikut pemusatan latihan tersebut karena tak satu pun pemain Urawa Reds membela negaranya di Piala Asia. Jika Panya bergabung dengan Thailand, dia baru bisa kembali ke klub pada 25 Januari setelah fase grup terakhir, namun harus memperpanjang durasinya andai Thailand lolos ke babak berikutnya.
ADVERTISEMENT
Jika Panya tidak bergabung dengan pemusatan latihan Urawa Reds, ia kemungkinan tak masuk dalam rencana musim depan dan mempengaruhi kontraknya. Opsi pembelian merupakan bagian dari kesepakatan Muangthong United dan Urawa Reds.
Selebrasi pemain Timnas Thailand usai menjadi juara Piala AFF 2022 mengalahkan Timnas Vietnam di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Thailand, Senin (16/1/2023). Foto: Chalinee Thirasupa/REUTERS
Dilaporkan oleh Matichon, Timnas Thailand sudah mencoba untuk menghubungi Panya. Akan tetapi, sang pemain tidak menjawab panggilan tersebut.
"Ofisial Timnas Thailand mencoba untuk menghubungi, tapi tidak ada jawaban. Dilaporkan bahwa mereka bisa menghubungi Panya, tapi yang menawab telepon adalah orang lain," tulis laporan Matichon.
"Hal itu mengkonfirmasi bahwa Panya meminta untuk mundur dengan alasan bahwa Panya ingin menjalani sesi pramusim dengan Urawa Reds," lanjut laporan tersebut.
Thailand berada di Grup F bersama Arab Saudi, Kirgiztan, dan Oman. 'Gajah Perang' akan mengawali Piala Asia dengan menghadapi Oman pada 21 Januari mendatang.
ADVERTISEMENT