Profil Cerezo Osaka, Klub Jepang yang Pinjam Justin Hubner

12 Maret 2024 19:38 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ekspresi Justin Hubner saat laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, pada Jumat (19/1/2024). Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari
zoom-in-whitePerbesar
Ekspresi Justin Hubner saat laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, pada Jumat (19/1/2024). Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cerezo Osaka tengah menjadi pusat perhatian bagi sepak bola Indonesia. Klub yang berada di divisi teratas Liga Jepang ini menjadi pelabuhan baru bagi karier bek Timnas Indonesia yakni Justin Hubner.
ADVERTISEMENT
Hubner didaratkan Cerezo Osaka dengan status pinjaman hingga akhir tahun 2024. Bek berdarah Belanda-Indonesia itu berpeluang melakukan debutnya, kala Cerezo Osaka melawan Shonnan Bellmare pada 30 Maret nanti dan mencatatkan sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang mentas di Liga Utama Jepang (J-League 1).
Bagaimana Profil Cerezo Osaka?
Dibentuk pertama kali dengan nama Yanma Diesel Soccer Club pada 1957, nama Cerezo Osaka baru resmi diperkenalkan tahun 1993 silam. Kata 'Cerezo' diambil dari Bahasa Spanyol yang memiliki makna Cherry Blossoms atau Bunga Sakura dalam Bahasa Jepang. Bunga itu merupakan tumbuhan nasional Jepang yang banyak hidup subur di kota Osaka di mana klub tersebut bernaung.
Pergantian nama Cerezo Osaka membawa petuah, baru setahun memakai nama itu klub tersebut langsung menjuarai Japan Football League 1994 (J- League 2) dan berhak lolos untuk promosi ke kasta teratas sepak bola negeri Sakura (J-League 1).
Klub Cerezo Osaka. Foto: Instagram/@cerezo_osaka
Debut pertama Cerezo Osaka di Liga Utama Jepang juga tidak terlalu buruk. Klub kebanggaan masyarakat kota Osaka tersebut berhasil finish di posisi 8 klasemen akhir J-League 1.
ADVERTISEMENT
Klub Medioker Liga Jepang
Sejatinya, nama Cerezo Osaka cukup mentereng dalam industri sepak bola Jepang. Namun, prestasinya di Liga Jepang tidak sebesar namanya. Jika dibandingkan dengan klub raksasa Jepang lainnya seperti Gamba Osaka, Yokohama F. Marinos, Urawa Red Diamons, hingga Kashima Antlers, Cerezo Osaka masih tertinggal jauh dalam segi prestasi.
Cerezo Osaka adalah klub langganan papan tengah Liga Jepang. Klub yang bermarkas di Yanmar Stadium Nagai ini terakhir kali mengangkat trofi Liga Jepang yakni pada tahun 1980 ketika masih memakai nama Yanmar Diesel Soccer Klub. Pada musim Liga Jepang 2017/2018, Cerezo Osaka sempat tampil menjanjikan dengan menghuni posisi ketiga di akhir klasemen.
Selama keikutsertaan di kompetisi Liga Utama Japan, Penggawa The Cherry Blossoms telah berkutat dengan degradasi sebanyak 3 kali. Trofi terakhir yang dimiliki oleh Cerezo Osaka adalah Piala Super Jepang pada 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
Kini, sejak dimulainya Liga Jepang musim 2024/25 Cerezo telah menorehkan 1 kemenangan serta 2 hasil seri dan tengah berada di posisi klasemen 6 sementara.
Shinji Kagawa & Cerezo Osaka
Tentunya bicara Cerezo Osaka tak bisa lepas dengan salah satu pemain Jepang tersukses yakni Shinji Kagawa. Kagawa merupakan jebolan asli binaan Cerezo. Bersama Cerezo Osaka, Kagawa menjelma sebagai gelandang tersubur di klub maupun Timnas Jepang.
Selama 4 musim berseragam Cerezo, Kagawa mencatatkan torehan impresif dengan mengemas 125 penampilan dan 55 gol di semua ajang kompetisi bagi klub yang identik dengan warna pink tersebut.
Kagawa melakukan selebrasi. Foto: Reuters/Michaela Rehle
Berkat penampilan impresifnya, klub raksasa Jerman Borussia Dortmund jatuh hati kepadanya dan resmi meminangnya pada bursa transfer musim panas 2010/11. Sejak saat itu, Kagawa mulai melanglang buana di berbagai klub raksasa benua biru. Manchester United (MU) menjadi salah satu tempat singgah bagi karir Kagawa.
ADVERTISEMENT
Pada masa akhir produktifnya sebagai pesepak bola, Kagawa kembali ke pelukan Cerezo Osaka pada awal musim Liga Jepang 2023/24. Kabarnya, Kagawa akan mengakhiri karirnya bersama klub yang telah membesarkan namanya tersebut.
Curi Perhatian Gaet 2 Pemain Timnas Indonesia
Cerezo Osaka semakin familiar dengan sepak bola Indonesia, tercatat 2 pemain Timnas Indonesia tengah bergabung bersama klub kota Osaka tersebut. Cerezo Osaka resmi tengah mengontrak dua nama beken skuad 'Garuda'.
Justin Hubner saat pertandingan Indonesia vs Libya di Turki, Selasa (2/1/2024). Foto: PSSI
Justin Hubner merupakan nama teranyar dalam line up Cerezo Osaka dalam menatap Liga Utama Jepang 2024/25. Klub besutan Akio Kogiku itu resmi meminjam Justin Hubner dari Wolverhampton Wanderers hingga akhir tahun 2024.
Tidak hanya sektor putra, Cerezo Osaka sempat mencuri perhatian pada tahun lalu dengan menggaet pemain Timnas Putri Indonesia. Cerezo Osaka Ladies turut mengikat kontrak gelandang serang Timnas Putri Indonesia bernama Zahra Muzdalifah.
ADVERTISEMENT
Pemain yang akrab disapa Zahmuz ini berlabuh di Cerezo Osaka pada pertengahan 2023 lalu. Dirinya telah mencatatkan 1 gol bagi Cerezo Osaka Ladie dalam partai uji coba melawan Ehime FC Ladies. Sampai dengan saat ini, Zahra tercatat masih menjadi bagian dari Cerezo Osaka Ladies