Profil Facinet Conte: Striker Guinea U-23 yang Dilirik Juventus

9 Mei 2024 11:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Guinea Facinet Conte beraksi dengan pemain DR Kongo Gedeon Kalulu di Stadion Alassane Ouattara di Ebimpe, Abidjan, 2 Februari 2024. Foto: Sia Kambou/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Guinea Facinet Conte beraksi dengan pemain DR Kongo Gedeon Kalulu di Stadion Alassane Ouattara di Ebimpe, Abidjan, 2 Februari 2024. Foto: Sia Kambou/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Guinea U-23 punya striker muda yang cukup menjanjikan. Ia adalah Facinet Conte, pemain Guinea yang dilirik raksasa Liga Italia, Juventus.
ADVERTISEMENT
Guinea akan menjadi lawan Timnas U-23 Indonesia di playoff Olimpiade pada Kamis (9/5) pukul 20:00 WIB. Tentu, Facinet Conte menjadi salah satu pemain yang harus diwaspadai lini belakang 'Garuda Muda'.
Football Italia pernah mewartakan bahwa pihak Juventus tertarik untuk mendatangkan Facinet Conte. Menurut laporan tersebut, Direktur Olahraga Juventus, Cristiano Giuntoli, telah melakukan kontak dengan Bastia untuk memboyong Conte. Adapun Bastia telah menolak tawaran 4 juta euro dari Genoa untuk memboyong Conte di jendela transfer Januari 2024.
Lantas, seperti apa perjalanan sepak bola Facinet Conte? Berikut kami sajikan profilnya.

Profil Facinet Conte: Striker Guinea U-23 yang Dilirik Juventus

Pemain Guinea Facinet Conte menendang bola di samping pemain Senegal di Stade Charles Konan Banny di Yamoussoukro pada Januari 23 Agustus 2024. Foto: Issouf Sanogo/AFP
Facinet Conte adalah pemain yang berasal di Ibu Kota Guinea, Conakry. Ia dilahirkan pada 24 Maret 2005, usianya saat ini baru menginjak 19 tahun.
ADVERTISEMENT
Menurut data Transfermarkt, Facinet Conte memang bermain sebagai striker murni dan tak pernah dipasang di posisi lain. Pada 2023, ia memutuskan meninggalkan Guinea untuk berkiprah di Prancis.
Facinet Conte bergabung SC Bastia yang bermain di Ligue 2 (Divisi 2 Liga Prancis). Ia didatangkan dari klub Guinea bernama Flamme Olympique. Tim ini juga berbasis di kota asal Conte, yakni Conakry.
Pemain Guinea Facinet Conte bersama rekan setimnya menyapa pendukung di akhir pertandingan antara Guinea dan Gambia di Stade Charles Konan Banny di Yamoussoukro pada 19 Januari 2024. Foto: Kenzo Tribouillard/AFP
Sebagai muda, kiprah Conte bersama SC Bastia cukup menjanjikan. Sepanjang musim, ia dipercaya untuk tampil sebanyak 21 kali. Meski lebih sering masuk sebagai pemain pengganti, Conte mampu membukukan enam gol serta tiga assist.
Di level timnas, Facinet Conte juga sudah bermain di tim senior Guinea. Pada Januari lalu, ia dipercaya melakoni debut di timnas senior oleh pelatih Kaba Diawara. Conte punya catatan lima caps bersama timnas senior, serta sudah menyumbang satu gol.
ADVERTISEMENT