Bola & Sports
·
28 Juni 2021 14:33
·
waktu baca 2 menit

Profil Thorgan Hazard, Penggawa Belgia yang Lebih Moncer dari Sang Kakak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Thorgan Hazard, Penggawa Belgia yang Lebih Moncer dari Sang Kakak (1093843)
searchPerbesar
Pemain Belgia Thorgan Hazard melakukan selebrasi saat melawan Portugal. Foto: Thanassis Stavrakis/Reuters
Eden Hazard menjadi kapten Belgia di Euro 2020. Akan tetapi, kontribusinya kalah mentereng dari sang adik yakni Thorgan Hazard.
ADVERTISEMENT
Belgia memastikan diri lolos ke babak perempat final Euro 2020. The Red Devils menang tipis 1-0 atas Portugal di babak 16 besar. Adalah Thorgan Hazard yang menjadi pahlawan kemenangan Belgia di laga tersebut.
Tendangan keras Thorgan Hazard dari luar kotak penalti menembus gawang Rui Patricio. Tak cuma gol, Thorgan Hazard bisa membuat dua shot dan satu umpan kunci.
Aspek bertahan Thorgan Hazard juga cukup apik. Ada lima tekel, satu intersep, dan tiga sapuan yang dibuatnya sepanjang laga. Khusus tekelnya, Hazard menjadi pemain Belgia tertinggi yang melakukannya.
Profil Thorgan Hazard, Penggawa Belgia yang Lebih Moncer dari Sang Kakak (1093844)
searchPerbesar
Pemain Belgia Thorgan Hazard merayakan mencetak gol pertama mereka, di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Kamis (17/6). Foto: Pool via REUTERS
Penampilan apik Thorgan Hazard tak cuma di laga melawan Portugal saja. Di pentas Euro 2020, Thorgan sudah membuat dua gol. Catatannya itu cuma kalah dari Romelu Lukaku yang sudah mengemas tiga gol.
ADVERTISEMENT
Dalam bertahan, pemain Borussia Dortmund itu juga memiliki catatan yang baik. Rata-rata, Thorgan membuat 2,7 tekel, 1,3 intersep, dan 1,7 sapuan per pertandingannya.
Menariknya, Thorgan tak bermain di posisi yang biasa ia mainkan bersama klub. Di Euro 2020 ini, Thorgan lebih banyak bermain sebagai wing back kiri. Padahal, di Dortmund, Thorgan lebih banyak bermain sebagai penyerang sayap kiri maupun kanan.
Profil Thorgan Hazard, Penggawa Belgia yang Lebih Moncer dari Sang Kakak (1093845)
searchPerbesar
Pemain Denmark Thomas Delaney dan Kasper Schmeichel bereaksi setelah pemain Belgia Thorgan Hazard mencetak gol pertama, di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Kamis (17/6). Foto: Wolfgang Rattay/REUTERS
Namun, pola 3-4-3 yang ditampilkan Roberto Martinez membuat Thorgan harus berkorban. Terlebih, Belgia juga tak punya bek sayap kiri mumpuni usai Timothy Castagne mengalami cedera.
Pencapaian Thorgan lebih baik dari kakaknya yakni Eden Hazard. Sampai sejauh ini, Eden Hazard belum membuat gol dan cuma membuat satu assist di ajang Euro 2020 ini.
ADVERTISEMENT