kumparan
14 Jan 2019 19:28 WIB

PSM Makassar Dekati Pelatih Rumania untuk Gantikan Rene Alberts

Pemain PSM Ujungpandang, Willem Jan Pluim, beraksi di laga melawan Sriwijaya FC. (Foto: ANTARA/Yusran Uccang)
Pencarian pelatih baru menjadi agenda penting PSM Makassar di bursa transfer menjelang musim 2019. Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Robert Rene Alberts, tim beralias 'Juku Eja' itu membidik juru taktik sarat pengalaman dari Rumania, Marian Mihail.
ADVERTISEMENT
Negosiasi yang tengah berlangsung dengan PSM diutarakan seorang sumber yang enggan disebutkan namanya. Sebelumnya, orang yang berasal dari Eropa ini berupaya membuka jalan agar Mihail bisa berkarier di Indonesia. Namun, dia kesulitan mencari kursi kosong karena kebanyakan klub Liga 1 sudah menetapkan siapa pelatih untuk musim anyar.
Kesempatan terbuka ketika Rene Alberts diumumkan mundur dari PSM per Minggu (13/1/2019). Hari itu pula, Mihail mendapatkan titik cerah dari penjajakan dengan runner-up Liga 1 2018 tersebut, meskipun statusnya belum dikatakan resmi.
"Marian Mihail benar-benar sedang didekati oleh PSM. Dia menjadi salah satu opsi, tetapi berasa di pole position," tutur sumber tersebut kepada kumparanBOLA, Senin (14/1/2019).
"Selain itu, Mihail adalah sosok jujur. Kami akan mencarikan sesuatu yang besar untuknya," ucap sang sumber.
ADVERTISEMENT
Calon pelatih PSM Makassar, Marian Mihail. (Foto: Dok. Istimewa)
Mihail sendiri diyakini bukanlah calon tunggal. Ya, manajemen PSM memang telah menetapkan bahwa akan mencari juru taktik non-Indonesia guna menggantikan Rene Alberts dalam kurun dua pekan ke depan.
Apabila mencapai kesepakatan untuk menangani PSM kelak, Mihail akan mendapatkan tugas tak mudah. Ekspektasi suporter mereka begitu tinggi karena Wiljan Pluim dan kolega selalu finis di papan atas dalam dua musim penyelengaraan Liga 1--terakhir sebagai runner-up di bawah Persija Jakarta pada 2018. Belum lagi fakta bahwa PSM akan mengarungi AFC Cup pada musim 2019.
Namun, manajemen tentu bukan tanpa pertimbangan matang dalam mendekati Mihail. Sosok 60 tahun ini memiliki rekam jejak positif. Dia sempat memenangi Piala Super Rumania saat menjadi Direktur Teknik Steau Bucuresti pada 2000/01. Kemudian, mengantarkan klub Vietnam, Thanh Hoa, menembus babak ketiga kualifikasi Liga Champions Asia 2018 sebelum akhirnya disingkirkan Suwon Bluewings asal Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Bersama Thanh Hoa, Mihail akhirnya menjajal fase grup AFC Cup musim lalu. Mereka sempat menjalani dua pertemuan dengan Bali United, imbang 0-0 di kandang dan kalah 1-3 di tandang. Nah, akankah Mihail mendapatkan kesempatan membalaskan kekalahannya dari Stefano Lilipaly dan kawan-kawan dengan membesut PSM?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan