kumparan
15 Mei 2019 23:24 WIB

PSS Sleman Permalukan Arema di Laga Pembuka Liga 1

PS Sleman vs Arema FC Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Kejutan terjadi di pertandingan pembuka Liga 1 2019, Rabu (15/5/2019) malam WIB. PSS Sleman yang berstatus sebagai tim promosi mampu mengalahkan Arema FC, si juara Piala Presiden 2019, dengan skor 3-1.
ADVERTISEMENT
Gol-gol PSS pada pertandingan kali ini dicetak oleh Brian Ferreira (2'), Yehven Bokashvili (57'), dan Rangga Muslim (82'). Adapun, Arema hanya bisa membalas melalui sundulan Sylvano Comvalius pada menit ke-30.
***
PSS Sleman tampil dengan kekuatan terbaiknya dalam balutan formasi 4-2-3-1 untuk laga ini. Pelatih Seto Nurdiantoro memainkan Dave Mustaine dan Arsyad Yusgiantoro di kedua sisi sayap. Kemudian, Yehven Bokashvili diplot sebagai penyerang dengan Brian Ferreira berada di belakangnya.
Di sisi lain, Arema tampil dengan pola 4-3-3. Sylvano Comvalius tampil sejak awal diapit dengan Ricky Kayame dan Dendi Santoso di depan.Lalu, Konate Makan, Hendro Siswanto, serta Jayus Hariono menjadi trio di lini tengah. Hamka Hamzah dan Athur Cunha menjadi duet di lini belakang 'Singo Edan'.
ADVERTISEMENT
PSS yang tampil menekan sudah mendapat gol saat laga baru berjalan kedua menit. Brian Ferreira berhasil mengonversi umpan sepak pojok Jajang Sukmara dan membawa PSS unggul 1-0.
Kebobolan dengan cepat membuat Arema tersengat. Dendi Santoso memiliki peluang lewat tendangan dari dalam kotak penalti. Bola masih bisa dihalau oleh penjaga gawang PSS, Ega Rizky.
Arema tak henti-hentinya melakukan tekanan. Menit ke-18, Konate Makan melakukan tusukan yang diakhiri dengan tembakan yang bisa ditepis oleh Ega.
Sepuluh menit kemudian, Ega kembali membuat penyelamatan. Kombinasi satu dua Konate dan Dendi ditutup dengan sepakan keras dari Konate, tapi tetap gagal menambah angka.
Gol yang ditunggu Arema akhirnya tercipta di menit ke-29. Umpan silang Dendi berhasil diteruskan oleh Comvalius ke pojok gawang PSS. Skor berubah menjadi 1-1.
ADVERTISEMENT
Laga sempat terhenti usai Comvalius mencetak gol. Kerusuhan di tribune penonton membuat wasit Yudi Nurcahya menghentikan pertandingan. kumparanBOLA yang menyaksikan langsung pertandingan di Sleman menyaksikan ada lemparan petasan dan botol yang terjadi di tribune penonton.
Sesuai regulasi, wasit berhak menghentikan laga selama 2x30 menit karena force majure. Setelah menunggu, akhirnya laga kembali digelar.
PSS membuka peluang usai laga kembali digelar. Tendangan Brian dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Kurniawan Kartika Ajie.
Bokhasvili kembali membuat PSS mendapat peluang. Sundulan kepalanya mengarah ke gawang akan tetapi Johan Alfarizie masih bisa mengamankan di garis gawang.
Namun, agresifnya kedua tim di sisa waktu babak pertama tak bisa lagi menghadirkan gol. Usai jeda, PSS Sleman mengambil inisiatif serangan sejak awal.
ADVERTISEMENT
Lanjut ke babak kedua. Menit ke-57, gol kedua untuk PSS berhasil diciptakan. Umpan mendatar Brian berhasil diteruskan oleh Bokhasvili lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-1.
Arema yang tertinggal coba membuat kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Ricky Kayame mendapat peluang sayang usahanya masih melambung.
Rapatnya pertahanan dari PSS membuat Arema sangat kesulitan menembusnya. Umpan-umpan silang yang menjadi senjata Arema berhasil dibaca dengan baik oleh pemain PSS.
Terlebih lagi, Makan Konate juga tak seeksplosif babak pertama. Apiknya penampilan Nerius Alom dalam mengadang Konate membuat serangan Arema juga mandek.
Sebaliknya, PSS tampil tanpa beban saat menyerang. Oleh karena itu, serangan-serangan PSS yang mengutamakan kecepatan lebih berbahaya. Hari Yudo salah satunya memiliki peluang. Tendangan Yudo masih bisa diantisipasi oleh Ajie.
ADVERTISEMENT
Arema coba menyikapi kebuntuan dengan melakukan perubahan. Dedik Setiawan dan Hanif Sjahbandi dimainkan untuk mengganti Ricky Kayame dan Jayus Hariono.
Perubahan yang dilakukan oleh Arema tak dapat berarti banyak. Gawang mereka malah kembali bobol di menit ke-82. Umpan mendatar dari Brian Ferreira diteruskan oleh tendangan kaki kiri dari Rangga Muslim. Skor berubah menjadi 3-1.
Di pengujung pertandingan, Arema memiliki peluang melalui Hamka Hamzah. Akan tetapi, Ega Rizky berhasil menghalaunya dan Arema gagal mencetak gol. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan PSS 3-1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan