kumparan
11 Sep 2019 5:47 WIB

Pujian Nishino untuk para Pemain Muda Thailand

Pesepak bola timnas Thailand berebut bola dengan pesepak bola Timnas Indonesia Manahati Lestusen (kanan depan) saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Pelatih Thailand, Akira Nishino, tampak sumringah lantaran timnya baru saja meraih kemenangan 3-0 atas Timnas Indonesia di laga Pra Piala Dunia 2022 pada Selasa (10/9/2019) malam WIB. Menurut dia, para pemain 'Gajah Putih' telah mengeksekusi taktiknya dengan sangat baik, terutama pada babak kedua.
ADVERTISEMENT
Di fase tersebut, Nishino mengakui bahwa ia melakukan sejumlah perubahan pendekatan yang kemudian mampu diterapkan para pemain. Inilah yang pada akhirnya membuat Thailand mampu mencetak tiga gol setelah sempat mengalami kebuntuan di 45 menit pertama.
"Saya sangat puas karena para pemain mampu menjalankan apa yang saya inginkan dengan baik. Saya pikir tak ada celah. Jadi saya senang untuk itu," buka Nishino pada sesi jumpa pers pasca pertandingan.
"Kami kesulitan di area final third. Karena itulah saya melakukan perubahan dengan, misalnya, meminta pemain terus berimprovisasi di sekitar half space dan sisi sayap," tuturnya.
Lebih lanjut, mantan pelatih Jepang tersebut merasa bahwa kemenangan ini diraih berkat performa apik para pemain mudanya. Dua di antaranya adalah Supachai Jaided (20 tahun) dan Supachok Sarachat (21 tahun).
ADVERTISEMENT
Khusus nama yang disebut terakhir, ia bahkan mampu mencetak dua gol pada laga ini. Selain itu, Supachok juga menjadi aktor utama di balik terjadinya penalti untuk gol kedua Thailand yang dicetak Theerathon Bunmathan.
Pujian pun lantas diberikan kepada pemain Buriram United tersebut. Apalagi, dua gol yang ia cetak merupakan gol perdananya di ajang resmi untuk Thailand.
"Performa para pemain muda kami sangat membuat saya terkesan. Salah satunya Supachok. Ia mampu mencetak dua gol di pertandingan tadi," tutur Nishino.
Pesepak bola timnas Thailand berpose sebelum pertandingan melawan Timnas Indonesia saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Nishino memang banyak menyertakan pemain muda debutan pada ajang ini. Padahal, ada beberapa nama yang lebih senior yang seharusnya masih bisa dipanggil.
Dua di antaranya adalah Adisak Kraisorn dan sang penyerang andalan Teerasil Dangda. Atas dasar itu, ia sempat dikritik publik Thailand. Terlebih, laga sebelumnya melawan Vietnam berujung imbang.
ADVERTISEMENT
Namun, kemenangan meyakinkan lewat performa apik para pemain muda atas Indonesia ini seakan menjadi penegas. Bahwa keputusan Nishino untuk memanggil mereka amat beralasan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan